androidvodic.com

5 Cara Cepat Mengatasi Mimisan Secara Alami dan Tepat, Simak Penjelasan Berikut Ini - News

News - Simak 5 cara alami mengatasi mimisan secara mudah dan tepat.

Mimisan merupakan kejadian keluarnya darah dari hidung, yang seringkali membuat panik.

Ketika mengalami mimisan, kebanyakan orang memilih cara dengan berbaring, dan mendongakkan kepala ke belakang, atau menyumpal lubang hidung dengan tisu, padahal, cara ini merupakan tindakan yang kurang tepat.

Mimisan biasanya disebabkan karena adanya gangguan, seperti kebiasaan mengupil, menarik atau menghembuskan napas terlalu keras, atau kondisi di mana bagian dalam hidung yang terlalu kering karena perubahan suhu udara.

Darah yang mengalir saat mimisan berasal dari salah satu atau kedua lubang hidung, dan ini berlangsung selama beberapa detik hingga 15 menit atau lebih.

Maka berikut 5 cara yang tepat untuk mengatasi mimisan secara alami dan cepat:

1. Posisikan tubuh duduk tegak dan condongkan tubuh ke depan

Pertolongan pertama saat mimisan adalah dengan memposisikan tubuh untuk duduk tegak dan mencondongkan tubuh ke depan.

Duduk tegak dapat mengurangi tekanan darah di pembuluh darah hidung. Dengan ini, kita dapat mencegah darah semakin banyak keluar dari hidung.

Kemudian, mencondongkan tubuh ke depan dapat membantu mencegah darah kembali masuk ke hidung atau saluran napas, atau tertelan, yang dapat menyebabkan iritasi pada perut.

Kalau Anda berbaring, darah justru bisa masuk kembali dan berisiko menyumbat jalan napas.

2. Cubit cuping hidung

Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mencubit cuping hidung selama 10-15 menit. Selama itu, Anda bisa mencoba untuk bernapas melalui mulut.

Mencubit cuping hidung bertujuan untuk memberikan tekanan pada titik perdarahan di septum hidung sehingga darah dapat berhenti mengalir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat