androidvodic.com

Apa Itu Scabies? Penyakit Kulit yang Menjangkit 84 Warga Pontianak Barat - News

News - Sebanyak 84 warga di Gang Pisang Berangan, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, terkena penyakit gatal-gatal di bagian kulit.

Tak hanya orang dewasa dan remaja, penyakit bernama scabies ini juga mulai menjangkit anak-anak dan balita.

Rata-rata warga terkena di bagian kaki, tangan, siku, hingga ke bagian tubuh lainnya.

Diwartakan Kompas TV, satu di antara anak sempat mengalami demam, karena infeksi kulit telah menjalar dari jari hingga ke badan.

Berdasarkan pemeriksaan awal, penyakit yang diakibatkan oleh kutu ini dibawa seorang anak warga yang bersekolah dari luar daerah.

scabies
Sebanyak 84 warga Gang Pisang Berangan, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, terkena penyakit gatal-gatal di bagian kulit.

Lalu, apa itu penyakit Scabies?

Mengutip laman resmi RSUP Dr Sardjito, Scabies merupakan penyakit kulit.

Penyakit ini ditandai dengan gatal intens dan disebabkan oleh kutu kecil bernama Sarcoptes Scabiei yang tidak bisa terlihat dengan mata telanjang.

Penyakit gatal ini bereaksi kuat saat di malam hari, tanda gatalnya dengan muncul pelinting-pelinting kecil atau seperti bentolan di gigit nyamuk.

Namun, pada scabies ini bentolannya sangat banyak dan berada di kulit-kulit tipis seperti sela-sela jari, pergelangan tangan, ketiak, dan untuk laki-laki gatalnya di daerah kelamin.

Baca juga: Menkes : Lansia yang Penuhi Kriteria, Kritis dan Rawan Penyakit, Diprioritaskan Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Lakukan 4 Rutinitas Malam Ini sebelum Tidur, Dapat Membuat Kulit Tampak Lebih Bersih

Baca juga: 11 Manfaat Buah Rambutan bagi Kesehatan, Cegah Berat Badan Naik hingga Menyehatkan Kulit

Penyakit ini banyak menjangkit orang yang berada di tempat-tempat ramai seperti asrama, pesantren, dan indekos atau di lingkungan yang bermasalah dengan kebersihan.

Jika hanya satu orang disembuhkan namun beberapa lainnya tidak, hasilnya akan tetap tidak bisa sembuh, karena penyakit ini menular.

Sarcoptes Scabiei membutuhkan tempat yang hangat untuk bertelur, maka dari itu biasanya kutu ini muncul di lipatan-lipatan.

Sarcoptes Scabiei bertelur dan membuat terowongan di kulit dan bahan serpihan yang dikeluarkan itu yang menyebabkan alergi, gatal dan keinginan untuk menggaruk adalah reaksi dari alergi tersebut.

gatal 1
Ilustrasi menggaruk kulit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat