androidvodic.com

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Ibu Menyusui - News

News, JAKARTA - Pemenuhan nutrisi untuk ibu menyusui (busui) sangatlah penting terlebih di masa 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Masih di tengah pandemi seperti saat ini, kebutuhan nutrisi sangat penting, termasuk para busui. Tantangan bagi busui pun sangatlah kompleks.

Namun, seberapa penting pemenuhan nutrisi dan bagaimana tips para busui untuk tetap bisa memenuhi nutrisi?

Mengacu pada rekomendasi WHO tahun 2003, ada beberapa yang harus dilakukan oleh ibu menyusui, seperti melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) kurang dari 1 jam setelah lahir.

Lalu melakukan ASI eksklusif selama 6 bulan, memberikan MP-ASI dengan kandungan nutrisi cukup & seimbang.

Baca juga: Lion Air Ungkap Alasannya Merumahkan 8.000 dari Total 23 Ribu Karyawan

Dokter spesialis anak dari Brawijaya Women and Children Hospital,  dr Attila Dewanti, Sp.A (K) mengatakan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga kualitas ASI, salah satunya adalah pola makan.

“Pola makan sangat penting guna menunjang kuantitas dan kualitas ASI, misalnya mengonsumsi gizi dengan bervariasi, makronutrien dan mikronutrien," kata Attila saat Live Talkshow Happy at Home with Hometown Dairy secara daring akhir pekan lalu.

Selain itu, kata dr Attila zat besi juga sangat diperlukan baik oleh anak maupun oleh ibunya.

Dokter Attila memberikan tips bagi para busui dalam pemenuhan nutrisi penambah ASI antara lain:

1. New moms harus happy.

Kalau kita happy, adanya hormon endorfin yang akan bekerja optimal, tubuh kita akan happy dan ASI kita akan optimal.

2. Makan makanan yang bergizi.

Gizi seimbang yang mengandung makronutrien dan mikronutrien untuk busui dianjurkan minum susu. Karena susu sangat bermanfaat, akan mebuat kita lebih segar karena sudah ada asupan kalsium dari susu

3. Dukungan suami yang siap siaga juga sangat penting

Anjani Miranti, Marketing Hometown Dairy mengatakan, talkshow ini diadakan dalam rangka Pekan ASI Sedunia yang jatuh pada 1 - 7 Agustus 2021.

"Hometown Dairy sebagai produsen susu pasteurisasi dengan semangat memberikan tips kepada ibu menyusui (busui) dalam mendapatkan pemenuhan nutrisi.

Karena, susu Hometown Dairy merupakan salah satu susu yang kaya akan nutrisi, terlebih untuk para ibu menyusui,” ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat