androidvodic.com

Aplikasi Telemedicine Ini Tawarkan Konsultasi Daring Hingga Layanan Vaksinasi Covid-19 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun ini mendorong terjadinya pergeseran dalam sistem pelayanan pada fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

Situasi pandemi membuat fasyankes maupun masyarakat semakin mengoptimalkan layanan kesehatan daring (telemedicine).

Sejak beberapa waktu lalu, pemerintah telah memanfaatkan layanan ini untuk membantu penanganan terhadap pasien Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) maupun ringan yang tengah melakukan isolasi mandiri (isoman).

Selain itu, saat ini memang banyak fasyankes yang telah dialihfungsikan sementara untuk menangani pasien Covid-19.

Sehingga untuk meminimalisir penyebaran virus yang bisa didapatkan dari lingkungan rumah sakit, maka layanan telemedicine menjadi opsi alternatif terbaik bagi masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan tanpa perlu keluar rumah.

Baca juga: Induk Usaha RS Bunda Gandeng Klinik Pintar Kembangkan Telemedicine

Baca juga: Booster Vaksin Johnson & Johnson Beri Perlindungan hingga 94 Persen

Di tengah 'membanjirnya' layanan telemedicine, kini hadir pula AlteaCare, sebuah aplikasi telemedicine yang dapat memberikan solusi terkait kebutuhan kesehatan dan layanan rumah sakit yang terintegrasi secara virtual.

Hal ini tentu saja dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang adaptif dengan kondisi terkini.

Perlu diketahui, AlteaCare merupakan mitra resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pun mengapresiasi langkah AlteaCare dalam meluncurkan aplikasi telemedicine ini.

Menurutnya, langkah ini dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan fasilitas kesehatan secara cepat.

"Kementerian Kesehatan mendukung inovasi yang telah dilakukan oleh AlteaCare dan mendorong rumah sakit lainnya untuk turut serta memasuki ekosistem digital AlteaCare demi memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yakni layanan pasien secara virtual," kata Dante, dalam virtual 'Press Launch Alteacare #KonsultasiDariRumahAja', Selasa (21/9/2021).

Sebagai langkah awal setelah diluncurkannya aplikasi ini, AlteaCare pun menggandeng salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia yakni Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai mitra pertamanya.

Kerja sama ini khususnya difokuskan pada layanan penyedia tenaga kesehatan (nakes), dokter spesialis handal serta obat-obatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat