androidvodic.com

Kapan Anak Harus Medical Check Up? - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up (MCU) secara rutin ternyata tidak hanya disarankan dilakukan oleh orang dewasa, namun juga kelompok anak-anak.

Langkah ini dianggap perlu sebagai tindakan pencegahan dan deteksi dini munculnya Penyakit Tidak Menular (PTM).

Lalu kapan waktu yang tepat bagi anak untuk melakukan MCU ?

Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi dan Imunologi, dr. Endah Citraresmi, Sp.A(K), MARS., mengatakan MCU pada anak sebenarnya telah dimulai sejak masih bayi melalui pemeriksaan saat melakukan imunisasi di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) seperti rumah sakit.

"Medical Check Up yang sudah rutin kita kerjakan kan sebenarnya termasuk dalam pemeriksaan pada saat melakukan imunisasi ya," ujar dr. Endah, dalam talkshow live Instagram RSAB Harapan Kita bertajuk 'Medical Check Up Pada Anak, Perlukah?', Senin (8/11/2021).

Baca juga: Manfaat Rutin Medical Check Up, Kesehatan Terpantau dan Tubuh Tetap Prima

Baca juga: Pentingnya Medical Check Up Saat Pandemi Covid-19

Untuk jadwalnya pun menyesuaikan dengan jadwal imunisasi bayi, mulai dari saat usianya 1 bulan hingga 24 bulan.

Namun saat serangkaian imunisasi itu telah dilakukan hingga usia 24 bulan atau genap 2 tahun, maka anak akan melakukan MCU setiap tahunnya hingga usianya memasuki 5 tahun.

Ini merupakan jadwal MCU bagi anak yang biasa melakukan pemeriksaan dengan dokter anak.

"Jadi akan dilakukan sesuai jadwal imunisasi, misalnya bayi 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, 15 bulan, 18 bulan, 24 bulan. Lalu tiap tahun, sampai dia kira-kira umur 5 tahun, itu kalau yang pergi ke dokter anak biasanya," jelas dr. Endah.

Baca juga: Studi Harvard Medical Schoo Ungkap Covid-19 Sudah Menyebar Beberapa Bulan Sebelum Meledak di Wuhan 

Sedangkan bagi anak yang sejak awal melakukan imunisasi di fasyankes lainnya seperti puskesmas, biasanya akan berhenti saat usianya genap 2 tahun.

"Tapi kalau untuk di puskesmas, puskesmas itu berhenti setelah 9 bulan, itu ada 18 bulan atau kira-kira sampai 2 tahun, habis itu stop, jadi ada banyak area pada anak yang tidak tersentuh. Itu kalau kita mau bicara soal pemantauan rutin," kata dr. Endah.

Ia kemudian menjelaskan bahwa pada saat imunisasi, biasanya tenaga kesehatan (nakes), baik dokter maupun perawat akan memantau tumbuh kembang anak.

Apakah tumbuh kembangnya berlangsung optimal dan normal seperti anak pada umumnya atau mengalami hambatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat