androidvodic.com

Ciri-ciri Sehat Mental: Lelah karena Kerja, Ambil Cuti untuk Berlibur - News

News, JAKARTA - Liburan adalah penting untuk kesehatan mental dan fisik, saat diri terjebak dalam padatnya aktivitas sehari-hari.

Psikolog sekaligus penyanyi era 80an Tika Bisono menyatakan, mengambil cuti untuk berlibur merupakan tanda ciri sehat mental.

Ia mengatakan, seseorang yang ingin berlibur ketika jenuh dengan rutinitas, menandakan dia sadar dengan apa yang tengah dirasakannya.

"Gue butuh bantuan, gue butuh liburan. Inilah orang-orang yang sehat mentalnya karena dia sangat menyadari situasi tidak sehat. Dia kepengen segera mencari bantuan. Jadi dia tahu persis kapan dia sehat kapan dia enggak sehat," kata dia saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Menurut Tika, penting untuk selalu dipahami bahwa sehat mental adalah, ketika orang yang kurang sehat mental, menyadari tengah kurang sehat, lalu kemudian mencari bantuan ke profesional maupun mengalami jeda sejenak untuk berlibur.

"Itu sehat mental, menyadari kondisinya bahwa gue butuh bantuan, gua nggak bisa kacau nih, gue mesti cari bantuan," ungkap Tika.

Lanjut Tika, seseorang yang sehat mental juga memiliki sensitivitas untuk melihat lingkungan di sekitarnya.

Selama ini, selalu berfikir kesehatan mental itu berlaku pada orang yang tidak sehat mental.

"Orang yang sehat mental itu dikatakan sehat mental ketika dia sensitif terhadap lingkungannya saat mengalami gangguan. Gue harus ngeh, gue harus membantu karena dia lagi stres," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat