androidvodic.com

Makanan yang Mengandung Asam Folat, Baik untuk Program Hamil hingga Ibu Hamil - News

News - Berikut ini daftar makanan yang mengandung asam folat, baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan melakukan program hamil.

Makanan tinggi asam folat adalah bahan terpenting dari setiap  makanan kehamilan yang sehat.

Sangat penting bagi wanita hamil untuk mendapatkan cukup folat karena vitamin ini dapat mencegah terjadinya cacat lahir .

Baca juga: Berat Badan Ibu Tak Naik Saat Hamil, Pertumbuhan Bayi dalam Kandungan Bisa Terganggu, Ini Solusinya

Baca juga: Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Dapat Vaksin Booster, Asal Penuhi Syarat Ini

Mengutip dari Healthline, folat juga dikenal sebagai vitamin B9, yakni merupakan vitamin yang larut dalam air yang memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh.

Berikut adalah daftar makanan sehat yang kaya akan folat atau asam folat dikutip dari Healthline.

1. Kacang-kacangan

Meskipun jumlah folat yang tepat dalam kacang-kacangan dapat bervariasi, namun kacang-kacangan adalah sumber folat yang sangat baik.

Misalnya, satu cangkir (177 gram) kacang merah matang bisa mengandung 131 mcg folat atau sekitar 33 persen dari jumlah kebutuhan asam folat harian.

Sementara, satu cangkir (198 gram) lentil matang mengandung 358 mcg asam folat yang merupakan 90 persen dari jumlah kebutuhan asam folat harian.

Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein, serat, dan antioksidan, serta mikronutrien penting seperti kalium, magnesium, dan zat besi yang baik bagi tubuh.

2. Asparagus

Asparagus mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat.

Faktanya, setengah cangkir (90 gram) porsi asparagus yang dimasak mengandung sekitar 134 mcg folat, atau 34% dari kebutuhan asam folat harian.

Asparagus juga kaya akan antioksidan dan telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat