androidvodic.com

Yang Perlu Diketahui Sebelum Menggunakan Menstrual Cup - News

News - Menstrual cup adalah alat pengganti pembalut. Kini popularitasnya semakin meningkat di kalangan wanita Indonesia.

Jika tertarik menggunakan menstrual cup, yang perlu dilakukan adalah menentukan ukuran yang pas berdasarkan umur, panjang serviks, apakah memiliki aliran yang deras, kekencangan dan kelenturan cup, kapasitas cup, kekuatan otot dasar panggul, dan apakah melahirkan secara normal.

Menstrual cup yang lebih kecil biasanya direkomendasikan untuk perempuan berusia di bawah 30 tahun yang belum melahirkan secara normal.

Ukuran yang lebih besar sering direkomendasikan untuk perempuan yang berusia di atas 30 tahun, telah melahirkan secara normal atau memiliki periode yang lebih berat.

Namun, menstrual cup yang banyak tersedia di pasaran umumnya merupakan produk buatan brand Eropa dan Amerika Serikat.

Meskipun kualitasnya tidak diragukan, ada satu kekurangan yang memberikan pengaruh cukup besar bagi para penggunanya yakni dari segi anatomi tubuh.

Tubuh wanita Asia cenderung memiliki kedalaman leher rahim yang lebih dangkal dan mulut vagina yang lebih sempit dibandingkan wanita ras Kaukasia dari Eropa dan AS.

Hal ini memengaruhi kenyamanan dalam penggunaan menstrual cup termasuk ketika memasukkannya ke mulut vagina.

Baca juga: Kesulitan Memakai Menstrual Cup Karena Vagina Rapat? Ternyata Ini Penyebabnya!

Meski dengan variasi ukuran yang kini disediakan, ada risiko menstrual cup yang dipilih tidak benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh kita.

Pakar spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Darrell Fernando, SpOG mengatakan memang ada sejumlah varian dalam bentuk panggul orang Asia, termasuk kedalaman vagina.

"Orang barat, ras Kaukasian, cenderung deep ke belakang sedangkan wanita Asia lebih pendek," terangnya dalam jumpa media secara virtual, Rabu (26/01/2022).

Perbedaan anatomi membuat produk menstrual cup dari luar negeri cenderung kurang fit ketika dipakai.

Kondisi yang berusaha dijawab oleh Filmore, brand feminine care asal Indonesia yang digagas oleh Andrea Gunawan, Grace Tahir dan Gitta Amelia.

Ketiga boss lady ini bekerja sama menghadirkan menstrual cup yang benar-benar sesuai dengan anatomi tubuh wanita Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat