androidvodic.com

Tanda dan Gejala Hepatitis Akut pada Anak-anak, Diare hingga Mata Menguning - News

News - Berikut ini tanda dan gejala Hepatitis akut yang menyerang anak-anak.

Saat ini muncul penyakit Hepatitis akut di sejumlah negara.

Di Indonesia, penyakit Hepatitis misterius ini dilaporkan diduga sudah ditemukan di Jakarta.

Bahkan, penyakit diduga Hepatitis akut di Jakarta ini telah menyebabkan kematian.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan tiga kasus kematian diduga akibat Hepatitis akut ini terjadi pada pasien yang dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo Jakarta. 

Baca juga: Hepatitis Akut pada Anak Di AS, Apakah Adenovirus Penyebabnya?

Ketiga pasien tersebut, meninggal dunia dalam kurun waktu berbeda dalam rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Siti Nadia mengatakan, berdasarkan hasil investigasi kontak terhadap tiga kasus yang meninggal dunia datang dari fasilitas kesehatan berbeda.

Ketiga pasien itu sudah dalam kondisi stadium lanjut ketika datang ke fasilitas kesehatan.

“Tiga kasus datang sudah pada kondisi stadium lanjut. Sehingga, hanya memberikan waktu sedikit bagi tenaga kesehatan untuk melakukan tindakan pertolongan,” ucapnya saat memberikan keterangan pers terkait Perkembangan Kasus Hepatitis Akut di Indonesia secara virtual, Kamis (5/5/2022), sebagaimana diberitakan Kompas.com

Lebih lanjut, Siti Nadia menambahkan, tiga pasien yang meninggal ini usia 2 sampai 11 tahun. 

“Ketiga kasus ini usianya 2 tahun dan belum vaksinasi, kedua yakni 8 tahun, baru vaksinasi dosis pertama, dan 11 tahun sudah vaksinasi Covid-19.”

“Ketiganya, negatif covid-19. Kita bersama Dinas Kesehatan DKI melakukan investigasi kontak mengenai faktor risiko,” jelasnya.

Memang sampai saat ini, lanjut Siti Nadia, ketiga kasus itu belum digolongkan Hepatitis akut gejala berat karena masih ada pemeriksaan laboratorium.

“Masih kriteria pending klasifikasi, karena ada pemeriksaan adenovirus yang hasilnya membutuhkan waktu 10 hari sampai 14 hari ke depan," ungkapnya.

Baca juga: Apakah Hepatitis Akut Bisa Menyerang Orang Dewasa?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat