androidvodic.com

CDC Keluarkan Peringatan Soal Wabah Hepatitis Akut pada Anak-anak - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, ATLANTA - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) mengimbau para orang tua untuk mewaspadai munculnya gejala hepatitis akut pada anak mereka.

Hal itu karena wabah yang belum dapat diketahui penyebabnya ini terus berlanjut di seluruh negara bagian AS.

Lembaga tersebut mengeluarkan peringatan kesehatan itu pada Selasa lalu, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para orang tua terkait gejala yang muncul.

Baca juga: Kata CDC AS Soal Kemunculan Wabah Hepatitis Akut pada Anak-anak

Baca juga: Persamaan Covid-19 dan Hepatitis Akut, Berawal dari Penyakit yang Belum Diketahui Penyebabnya

"Mendengar tentang penyakit hati yang parah (akut) pada anak-anak tentu saja mengkhawatirkan. Jika anda memiliki pertanyaan tentang kesehatan anak anda, hubungi penyedia layanan kesehatan anak," kata CDC AS, dalam peringatan kesehatan terbarunya.

Dikutip dari laman Good Morning America, Kamis (12/5/2022), para orang tua diharapkan lebih peka dalam menyadari gejala yang terkait dengan peradangan hati, termasuk diantaranya demam, kelelahan, mual, dan penyakit kuning dengan menguningnya kulit dan mata.

Penyebab munculnya penyakit hepatitis akut seperti terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia hingga kini masih misterius. Di Amerika Serikat, telah dilakukan identifikasi terhadap 5 pasien anak dengan hepatitis (radang hati) yang tidak diketahui penyebabnya di sebuah rumah sakit di Alabama pada Oktober 2021.
Penyebab munculnya penyakit hepatitis akut seperti terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia hingga kini masih misterius. Di Amerika Serikat, telah dilakukan identifikasi terhadap 5 pasien anak dengan hepatitis (radang hati) yang tidak diketahui penyebabnya di sebuah rumah sakit di Alabama pada Oktober 2021. (The Quint)

Perlu diketahui, hepatitis merupakan kondisi terjadinya peradangan hati dan ini dapat disebabkan oleh penggunaan alkohol berlebihan, racun, beberapa obat dan kondisi medis.

"Namun sering pula (hepatitis) disebabkan oleh virus," jelas CDC AS.

Berikut adalah 5 hal yang perlu diketahui tentang peringatan CDC AS tentang hepatitis akut pada anak-anak:

1. Wabah hepatitis terbaru pada anak-anak bersifat global.

Pada April lalu, para peneliti di AS dan Eropa mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki sekelompok kecil kasus hepatitis akut yang muncul di seluruh dunia.

Hingga pekan ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan lebih dari 340 kemungkinan kasus hepatitis akut pada anak-anak telah dilaporkan di 20 negara.

"Di AS, setidaknya ada 109 kasus yang dikonfirmasi dengan 5 kematian pada lebih dari 25 negara bagian, begitu pula Puerto Rico," papar CDC AS.

2. Penyebab wabah masih belum diketahui.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat