androidvodic.com

Cegah Hepatitis pada Anak, Ahli Ingatkan Orangtua Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Pakar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman mengatakan orangtua harus menyadari untuk meningkatkan pola hidup bersih.

Tidak hanya karena kemunculan Hepatitis misterius atau situasi masih pandemi Covid-19. Pola hidup bersih menurut Dicky harus diterapkan ke depannya.

"Sehat itu harus dimulai dari sekarang. Dari diri sendiri dan keluarga. Dan ada dan tidaknya Hepatitis, kita harus mengubah itu. Pandemi mau berakhir cepat pun nanti jangan ditinggalkan," ungkapnya pada Tribunnews, Minggu (15/5/2022).

Baca juga: Ada 18 Kasus Diduga Hepatitis Akut di Indonesia, Berikut Upaya yang Dilakukan Pemerintah

Pola hidup sehat dan bersih harus dimulai dari orangtua yang memberikan contoh pada anak-anak mereka.

Artinya mereka juga yang akan melindungi anak-anak dari paparan infeksi. Orang dewasa memang paling banyak melakukan mobilitas .

Selain itu diperlukan literasi dengan mencermati dan mengakses informasi terkait kesehatan anak. Termasuk dalam hal perkembangan dari Hepatitis misterius ini.

Supaya tidak ada salah persepsi dan salah informasi. Selain itu orangtua harus memberikan pengertian agar tidak ada ketakutan yang berlebihan pada anak.

"Namun tidak boleh abai atau over confidence. Berlaku wajar apa adanya sesuai yang harus dilakukan. Jadi kewaspadaan penting, dengan menerapkan pola hidup sehat," tegasnya.

Dan tentu dalam hal menurut Dicky, harus saling menularkan informasi pada lingkungan dan antar orangtua. Hepatitis misterius ini menurut Dicky adalah salah satu risiko.

"Belum lagi nanti ada potensi Diabetes meningkat, Hipertensi, penyakit jantung, nah sekali lagi pola hidup bersih dan sehat diterapkan ke rumah, pada individu dan pada anak-anak di sekolah," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat