androidvodic.com

Kenapa Hepatitis Akut Menyerang Anak-anak? Berikut Tanggapan Kemenkes - News

Laporan Wartawan News Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Saat ini telah ada sekitar 31 negara yang melaporkan adanya kasus hepatitis akut.

Penyakit yang cukup mengkhawatirkan ini, sebagian besar menginfeksi anak-anak

Lalu apa yang menyebabkan anak mudah terinfeksi hepatitis akut ini? Terkait hal ini, Juru bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril, Sp.P, MPH pun memberi tanggapan.

"Nah ini lagi dikaji. Sehingga ditunggu saja sebentar, akan ada pengumuman dari WHO kenapa pada anak-anak. Jadi kita belum bisa memberikan dugaan. Contohnya pada anak anak lebih gampang terserang. Nanti dulu, kita lihat," ungkapnya pada diskusi virtual, Senin (23/5/2022).

Kedua karena ini penyakit menular. Walau dilaporkan banyak anak-anak, WHO membuat peluang diagnosis pada usia di atas atas 16 tahun. 

Apabila pasien ini mengalami gejala yang sama dengan tadi. Dengan persyaratan pernah melakukan kontak dengan probable.

Di sisi lain, Syahril mengingatkan orangtua untuk tetap waspada. 

"Ini hepatitis akut loh, berat. Sehingga nanti mohon ke orangtua waspada. Ini akut dan mendadak sifatnya. Yang semula anak-anak tidak apa-apa. Tapi dalam hitungan hari, cepat sekali," paparnya lagi 

Namun ia pun menyarankan walau Hepatitis akut merupakan kejadian luar biasa, jangan terlalu panik berlebihan. Karena saat ini negara sudah memiliki pengalaman menghadapi Covid-19. 

"Sehingga step ini punya cara atau strategi saya kira bisa diterapkan pada penyakit infeksi dan menular lain," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat