androidvodic.com

Mengenal Paxlovid, Obat Antivirus Covid-19 Bikinan Pfizer yang Digunakan Presiden AS Joe Biden - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

 
News, NEW YORK - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (21/7/2022). Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre mengatakan Biden mengalami gejala ringan dan mulai menggunakan pengobatan antivirus Paxlovid.

Dikutip dari NPR, antivirus ini direkomendasikan untuk pengobatan dini oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Paxlovid menggabungkan dua obat antivirus yang berbeda, dan terbukti efektif dalam mengurangi risiko rawat inap dan kematian pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau sedang.

Dalam surat yang merinci diagnosis dan gejala Presiden AS, Dokter Gedung Putih yang menangani Joe Biden, Dr. Kevin O'Connor mengatakan Biden memenuhi kriteria otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk antivirus Paxlovid dan disarankan untuk memulai pengobatan.

"Penggunaan awal Paxlovid dalam kasus ini memberikan perlindungan tambahan terhadap penyakit parah," ujar O'Connor dalam surat tersebut.

Baca juga: BPOM Terbitkan Emergency Use Authorization untuk Paxlovid Sebagai Obat Covid-19

Meskipun pasien dapat pulih lebih cepat setelah menggunakan antivirus ini, namun dalam beberapa kasus pasien melaporkan "Paxlovid Rebound". 

Hal ini terjadi setelah pasien dinyatakan negatif Covid-19, namun gejala kembali beberapa hari kemudian.

Cara pemberian Paxlovid ke Pasien

Paxlovid berbentuk pil, berbeda dengan Remdesivir, obat antivirus yang digunakan mantan Presiden AS Donald Trump saat ia tertular Covid-19 dan dirawat di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed.

Antivirus ini diminum dua kali sehari, selama lima hari. Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) tidak mengizinkan penggunaan jangka panjang untuk antivirus ini.

Baca juga: Gedung Putih Berencana Perluas Ketersediaan Obat Covid-19 Paxlovid di Banyak Lokasi

Namun FDA merekomendasikan Paxlovid untuk pasien dengan gejala ringan hingga sedang, agar tidak berkembang menjadi Covid-19 yang parah.

Karena itu, Biden disarankan menggunakan Paxlovid karena ia menunjukkan gejala ringan seperti batuk kering, pilek dan kelelahan.

Bagaiman cara kerja Paxlovid?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat