androidvodic.com

Jutaan Orang Meninggal Akibat AMR, Bagaimana dengan Indonesia? Ini Penjelasan Prof Tjandra - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA-Mantan Direktur Penyakit Menular serta Mantan AMR focal point, WHO Asia Tenggara, Prof Tjandra Yoga Aditama jika antibiotik bisa mengalami resistensi, atau antimicrobial resistance (AMR), sehinggga mengakibatkan jutaan orang meninggal.

Resistensi merupakan kemampuan bakteri untuk menahan, melawan, dan menghentikan efek membinasakan dari obat antibiotik.

Baca juga: Penggunaan Obat Antibiotik Bakal Diatur, Ada 1,2 Juta Kematian Akibat Resistensi Mikroba

"Suatu keadaan dimana antimikroba. Bisa dalam bentuk antibiotik, anti virus, anti jamur, anti parasite, anti tuberkulosis dan sebagainya. Tidak lagi dapat menjalankan fungsinya untuk menangani infeksi akibat berbagai bakteri, kuman, virus, jamur, parasit," ungkapnya pada keterangan resmi, Kamis (25/6/2022).

Namun, pada pertemuan G 20 di Bali, Prof Tjandra menyebutkan jika terdapat berbagai data di dunia yang cukup mencengangkan.

Yaitu, ada 4 dampak yang bisa disebabkan oleh AMR.

Pertama, tambahan beban kesehatan sampai 1 trilyun.

Kedua, sebanyak 28 juta orang hidup dalam kemiskinan.

Baca juga: Mudah Diperoleh Tanpa Resep, Dokter Ingatkan Bahaya Konsumsi Antibiotik Sembarangan

Ketiga, 7,5 persen penurunan ternak pada 2050 mendatang.

Keempat, pada negara berpenghasilan menengah dan kecil, satu orang anak meninggal setiap tiga menit akibat Infeksi darah yang disebabkan bakteri yang resisten

Data lain dari Jurnal Ilmiah Internasional Lancet bulan Januari 2022, menyebutkan bahwa ada 643.381 kematian akibat malaria, lalu 700.660 kanker payudara, sebanyak 863.837 akibat HIV/AIDS dan 1.270.000 akibat AMR. Jadi AMR menjadi salah satu penyebabnya kematian lebih besar.

Belum Ada Data Nasional
Saat ini, Prof Tjandra mengatakan jika memang belum punya data berskala nasional tentang dampak AMR. Namun, perlu diformulasikan dengan tepat.

Karena AMR disebut sebagai “silent pandemic” maka masalahnya tentu terjadi banyak negara, termasuk Indonesia.

"Pada waktu masih bertugas di WHO Asia Tenggara saya selain sebagai Direktur Penyakit Menular juga menjadi “focal point” AMR untuk kawasan ini. Ketika itu sudah berhasil dbuat empat hal," katanya menambahkan.

Baca juga: WHO Minta Saran Publik untuk Nama Baru Cacar Monyet, Ini Sejumlah Usulan yang Masuk

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat