androidvodic.com

Apa Itu Hernia Inguinalis pada Bayi dan Anak? Berikut Penyebab, Gejala dan Cara Penanganannya - News

News - Berikut penjelasan mengenai apa itu Hernia Inguinalis pada bayi dan anak, lengkap beserta penyebab, gejala dan cara penanganannya.

Diketahui, Hernia adalah tonjolan atau benjolan lunak di bawah kulit yang muncul karena organ atau jaringan tubuh mendesak otot yang melemah.

Melansir laman resmi Siloam Hospitals, pada umumnya, jenis hernia yang sering ditemukan pada bayi dan anak adalah hernia inguinalis.

Hernia inguinalis merupakan kondisi penonjolan organ, seperti usus dan jaringan yang ada di dalam perut ke area inguinal atau selangkangan.

Baca juga: Jenis-jenis Hernia: Bisa Terjadi ke Siapa Saja, di Perut, Pusar atau Paha

Adapun 2 jenis hernia inguinalis, yakni lateral dan medial.

Namun pada bayi dan anak, jenis hernia inguinalis yang paling sering terjadi adalah hernia inguinalis lateral dengan keluhan yang dijumpai adalah terdapatnya benjolan di lipatan paha yang turun hingga kantung kemaluan pada anak laki-laki dan hingga labia mayora pada anak perempuan.

Penyebab

Penyebab terjadinya hernia pada anak laki-laki adalah tidak menutupnya processus vaginalis yang merupakan bagian dari proses penurunan testis saat masih di dalam kandungan.

Sedangkan pada anak perempuan, penyebab terjadinya adalah tidak menutupnya canalis Nuck.

Tidak menutupnya kedua organ ini akan mengakibatkan terjadinya celah atau lubang pada dasar rongga perut sehingga usus akan keluar dan turun melalui celah tersebut.

Hernia inguinalis lateral dapat terjadi pada sisi kiri atau kanan, ataupun kedua sisi (bilateral), namun paling banyak ditemukan pada pada sisi kanan.

Faktor risiko terjadinya hernia inguinalis lateralis antara lain bayi lahir dalam kondisi prematur, genetik, dan adanya penyakit undescended testis.

Angka terjadinya hernia inguinalis lateral tercatat sebesar 3-5 persen pada anak cukup bulan dan 13 persen pada anak lahir kurang bulan (prematur).

Baca juga: Gejala Hernia pada Bayi: Muncul Tonjolan di Bagian Pusar hingga Alami Demam

Baca juga: Apa Itu Operasi Hernia? Ini Penjelasannya Lengkap dengan Jenis-jenis dan Prosesnya

Gejala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat