androidvodic.com

Waspadai Konsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Gula Memicu Timbulnya Jerawat  - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA  - Karbohidrat sederhana, seperti gula pasir, gula rafinasi, roti putih dan soda menyebabkan kadar insulin melonjak secara drastis yang menyebabkan ledakan peradangan di seluruh tubuh.

Peradangan ini menghasilkan enzim yang mencegah pertumbuhan kolagen dan elastin sehingga mengakibatkan kulit kendur dan berkerut.

Gula yang telah dicerna secara permanen akan menempel pada kulit melalu proses yang dikenal dengan istilah glikasi.

Selain akan meningkatkan efek penuaan dini, glikasi juga dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat dan rosacea.

Makin banyak gula yang kamu konsumsi, semakin besar kemungkinan kamu mengembangkan resistensi insulin, yang akan dapat bermanifestasi sebagai pertumbuhan rambut dan juga bercak hitam di leher dan lipatan di seluruh tubuh kamu.

Memahami tentang indeks flikemik, skala glikemik yang bisa menentukan seberapa cepat kadar gula naik setelah mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi merupakan kunci untuk membuat pilihan yang tepat untuk kulit terkait gula.

Sebuah penelitain studi tahun 2002 yang diterbitkan oleh Archives of Dermatology menunjukan bukti kuat bahwa makanan tertentu akan menyebabkan munculnya jerawat.

Memperhatikan bahwa jerawat pada dasarnya merupakan penyakit,  peneliti mempelajari orang Paraguay Timur yang makan makanan nabati segar dan daging tanpa lemak yang mereka pelihara dan mengantikan gula ke Stevia menemukan fakta tidak melihat jerawat satupun di wajah mereka.

Dokter kulit Omaha Dr Joel Schlessinger mengatakan, jerawat fast food yang biasa terjadi pada orang yang mengoreng, jerawat bukan berawal dari lemak dalam makanan cepat saji tapi adalah karbohidrat olahan.

“Pizza, burger, cokelat yang  banyak dicampur dengan susu dan gula dan makanan enak lama lainnya tampaknya memiliki efek negatif pada kulit," katanya.

Juga roti putih, permen, gorengan, es krim, jus buah, pasta, saus tomat, keju krim, selai, pizza, gula (putih dan coklat manis), makanan ringan kemasan dan soda bisa berdampak buruk pada kulit.

Baca juga: Tips Mudah Mengontrol Asupan Gula Cegah Terjadinya Diabetes

Berdasarkan dari data Healthline, hampir 10 persen populasi di dunia menderita karena jerawat dan pola makan wajib yang tepat diterapkan guna menghindari munculnya jerawat di wajah.

Riset membuktikan orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko terkena jerawat hingga 30 persen, sedangkan risiko orang yang sering mengonsumsi karbohidrat olahan mencapai 20 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat