androidvodic.com

Cara Cegah Stunting dengan Elsimil, Aplikasi untuk Calon Pengantin dari BKKBN - News

News - Cara mencegah Stunting dengan Aplikasi Elsimil untuk calon pengantin.

Dalam rangka menurunkan prevalensi Stunting di Indonesia, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengembangkan aplikasi Elsimil.

Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil atau Elsimil adalah aplikasi edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil yang menjadi prioritas program BKKBN.

Di sejumlah daerah di Indonesia, sejak tahun 2022 lalu telah digaungkan kepada setiap calon pengantin untuk mengunduh aplikasi Elsimil.

Bahkan ada juga yang menjadikan aplikasi Elsimil sebagai syarat wajib nikah di pencatatan sipil bagi setiap calon pengantin, untuk membantu mencegah Stunting.

Lantas bagaimana cara mencegah Stunting dengan aplikasi Elsimil?

Baca juga: Inilah Pentingnya Cegah Stunting pada 1000 Hari Pertama Kehidupan

Simak beberapa informasi pencegahan Stunting dengan Aplikasi Elsimil, yang telah Tribunnews himpun berikut ini.

Aplikasi Elsimil Cegah Stunting

Berdasarkan informasi dari laman resmi cegahstunting.id dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Elsimil digunakan dalam percepatan penurunan Stunting.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Sebagai tim pelaksanaan BKKBN mengembangkan aplikasi ini untuk mendeteksi calon pengantin yang berisiko memiliki anak stunting.

Sasaran pengguna aplikasi Elsimil yaitu kelompok remaja karena kelak akan menjadi calon pengantin.

Aplikasi ini sebagai bentuk skrining awal dan edukasi tentang kesehatan reproduksi, perbaikan gizi bagi calon pengantin perempuan serta edukasi perilaku hidup sehat.

Mengutip website Pemerintah Kota Surakarta, pada aplikasi Elsimil terdapat konten edukasi dan kuesioner seputar pencegahan stunting yang dapat dilihat pendamping keluarga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat