androidvodic.com

Jaga Imun Tubuh Saat Cuaca Ekstrem, Konsumsi Makanan Bergizi dan Vitamin C Sangat Penting - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Kondisi tubuh yang tetap bugar tentu sangat penting bagi kita untuk bisa optimal dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Hal ini sama pentingnya dengan jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh dan otak yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh kita.

Di tengah cuaca ekstrem yang tidak menentu seperti saat ini, kamu perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi virus, bakteri dan kuman yang bermunculan, karena dapat menyebabkan wabah penyakit menular.

Menurunnya daya tahan tubuh akan membuat tubuh mudah terserang penyakit dan kondisi ini tentu saja akan menghambat aktivitas kita.

Perubahan cuaca secara tiba-tiba dari panas kemudian hujan ternyata dapat menyebabkan kualitas udara menjadi buruk dan berisiko membuat kita mudah terserang flu, bantuk hingga demam.

Terlebih jika daya tahan tubuh kita sedang tidak optimal, maka penyakit pun akan lebih mudah menyerang.

Lalu upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk membuat tubuh tidak mudah sakit?

1. Diet seimbang

Dikutip dari laman vikaspedia.in, Selasa (7/3/2023), asupan makanan dan kebiasaan makan tentu memainkan peran utama dalam cara kita menjalani hidup.

Gaya hidup sehat ini didukung pula oleh pola makan seimbang yang terdiri dari berbagai bahan makanan dalam jumlah dan kualitas yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan individu.

Makanan ini mudah dicerna dan mengandung rasio yang tepat antara protein, lemak dan karbohidrat yakni 1 banding 1 banding 4 untuk perkembangan tubuh secara keseluruhan dalam proporsi yang pas.

Diet dapat bervariasi dari orang ke orang, menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh sesuai konsultasi ahli gizi atau dokter keluarga.

2. Hindari makanan berlemak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat