androidvodic.com

Pentingnya Menjaga Kesehatan Saraf, Ikuti Tiga Tips Ini - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA- Menjaga kesehatan saraf sangatlah penting.

Karena, gangguan pada sistem saraf bisa memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Bahaya Diffuse Axonal Injury, Cedera Otak karena Robekan Serabut Saraf Akson

Dokter Spesialis Bedah Saraf Eka Hospital BSD & juga menjabat sebagai Kepala Departemen Bedah Saraf RSCM, Dr. dr. Setyo Widi Nugroho, Sp.BS (K) berikan tiga tips jaga kesehatan syaraf.

Pertama, penting untuk menjaga tekanan darah.

Jika tekanan darah tinggi, maka dapat berisiko alami berbagai penyakit, salah satunya stroke.

"Itu sangat penting, karena kalau tekanan darah selalu tinggi, maka pembuluh darah jadi jelek biasanya. Yang paling banyak menimbulkan stroke," ungkapnya pada terkait media briefing yang diadakan oleh Eka Hospital di Jakarta, Senin (13/3/2023).

Kedua, menjaga untuk tidak terjadi diabetes.

Baca juga: Saraf Terjepit yang Dialami Raffi Ahmad Bisa Terjadi Berulang, Berikut Cara Mencegahnya

Dampak diabetes buruk sekali untuk otak dan pembuluh darah.

"Kita jangan diabetes lah seumur hidup. Kita jaga. Kemudian hiperlimidia atau kelebihan lemak dalam darah yang bisa menyebabkan plak," paparnya lagi.

Ketiga, perlu menjaga pola hidup dan harus cukup istirahat.

"Otak kita juga butuh istirahat juga," tegasnya.

Tenaga medis Prodia saat mengambil sampel di Laboratorium Pusat Prodia, Jakarta, Kamis (29/7/2021). Prodia menyediakan pemeriksaan kesehatan yang mampu memprediksi risiko gangguan saraf berdasarkan profil genetik seseorang atau disebut NEUROgenomics. NEUROgenomics merupakan pemeriksaan genomik yang digunakan untuk mengidentifikasi kerentanan genetik seseorang terhadap penyakit yang berkaitan dengan gangguan saraf seperti penyakit Alzheimer, Sklerosis Lateral Amiotrofik, Gangguan, Bipolar, Epilepsi, Aneurisma intrakranial, Migrain, Sklerosis, Ganda, Parkinson, Skizofrenia, dan Stroke. Pemeriksaan ini menganalisis lebih dari 109 varian dan 85 gen. News/IST/FX ISMANTO
Tenaga medis Prodia saat mengambil sampel di Laboratorium Pusat Prodia, Jakarta, Kamis (29/7/2021). Prodia menyediakan pemeriksaan kesehatan yang mampu memprediksi risiko gangguan saraf berdasarkan profil genetik seseorang atau disebut NEUROgenomics. NEUROgenomics merupakan pemeriksaan genomik yang digunakan untuk mengidentifikasi kerentanan genetik seseorang terhadap penyakit yang berkaitan dengan gangguan saraf seperti penyakit Alzheimer, Sklerosis Lateral Amiotrofik, Gangguan, Bipolar, Epilepsi, Aneurisma intrakranial, Migrain, Sklerosis, Ganda, Parkinson, Skizofrenia, dan Stroke. Pemeriksaan ini menganalisis lebih dari 109 varian dan 85 gen. News/IST/FX ISMANTO (News/News/IST/FX ISMANTO)

Lebih lanjut ia menghimbau untuk tidak menunda ke fasilitas kesehatan jika menunjukkan tanda-tanda yang mencurigakan.

Misalnya, mengalami sakit kepala secara berkelanjutan dan berulang.

Jika telah berlangsung lama, usahakan mencari penyebabnya.

"Terutama kalau terus-terusan.
Kalau sesekali tidak apa, tapi kalau terus-terusan tiap hari harus waspada," kata dr Setyo lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat