androidvodic.com

Kesehatan Pencernaan Pengaruhi Performa Olahraga - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu 

News, JAKARTA -- Director, Worldwide Health Education and Training Herbalife, Michelle Ricker mengatakan, bakteri usus mempengaruhi atlet dalam berperforma dan pemulihan saat cedera ketika berolahraga. 

"Penelitian menunjukkan olahraga mencegah pertumbuhan bakteri buruk di seluruh tubuh, sehingga membantu tubuh mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan,” ungkap Michelle Ricker, Selasa (16/5/2023).

Seorang atlet menyadari kinerja keseluruhan tubuh dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi.

Karena itu, hindari konsumsi makanan olahan tinggi garam, gulaz dan kemak.

Berikut manfaat menjaga keseimbangan bakteri usus terhadap performa olahraga:

1. Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan akar penyebab banyak penyakit kronis dan juga dapat mengganggu performa atletik dalam banyak cara, terutama dapat signifikan menghambat pemulihan pasca latihan. 

Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan keseimbangan mikrobiom dapat mengurangi peradangan sistemik, yang memberikan bantuan jangka pendek dan pengurangan risiko jangka panjang.

Menjaga keseimbangan mikrobiom yang sehat merupakan kunci untuk membantu mengurangi peradangan sistemik dan memberikan lingkungan yang lebih stabil di dalam tubuh, sehingga memudahkan bagi para atlet untuk menangani stres berulang yang diberikan pada tubuh mereka.

2. Menambah Tingkat Energi

Campuran bakteri yang baik di dalam mikrobiom dapat membantu meningkatkan tingkat energi. 

Hal ini dilakukan dengan mempengaruhi siklus Adenosin trifosfat (ATP) atau siklus energi tubuh.

3. Meningkatkan Kekuatan Mental

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat