androidvodic.com

Lansia Tetap Cukupi Asupan Nutrisi Meski Ada Pantangan Makanan Tertentu - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Saat usia kita bertambah dan memasuki fase sebagai lansia, tetap penting untuk menjaga kecukupan asupan nutrisi.

Asupan nutrisi yang tidak tercukupi pada lansia bisa berdampak pada kesehatan meski banyak pula ditemukan pantangan makanan bagi kelompok lanjut usia.

Terkait hal ini, Dokter Spesialis Gizi Klinis dr. Cut Hafiah, M.Gizi, SpGK, FINEM, AIFO-K, ingatkan jika lansia tetap harus cukupi asupan nutrisi meski ada pantangan.

Sebenarnya pantangan makanan bagi lansia dengan orang dewasa tidaklah berbeda. Pantangan biasanya direkomendasikan dokter untuk menjaga kesehatan.

"Untuk lansia, selain ada pantangan makanan, ada berbagai penyakit tertentu yang menyertai," ungkapnya pada diskusi kesehatan dalam acara Entrasol Master Run 2023 di PIK 2, Tanggerang Selatan, Senin (5/6/2023).

Beberapa penyakit penyerta bisa berupa hipertensi, sakit jantung, kolesterol tinggi dan sebagainya. "Adanya pantangan itu bukan berarti tidak boleh sama sekali. Boleh tapi [konsumsinya] tidak boleh begitu banyak," katanya lagi.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Air Zam zam bagi Jemaah Haji Lansia, Kurangi Rasa Lelah dan Depresi

Menurut dr Cut lansia umumnya mengalami kesulitan asupan nutrisi lantaran kemampuan mengunyah lansia lebih rendah dibanding dengan mereka yang belum menjadi lansia.

Selain itu, pada lansia rasa haus dan lapar mulai menurun.

Baca juga: Jemaah Haji Lansia Indonesia Rentan Terkena Demensia, Ini Cara Mencegahnya

"Biasanya usia muda sudah lapar, dia belum lapar, jadi kebutuhannya musti dipenuhi dengan cara lain. Sekiranya asupan makanan utama lebih sedikit, tambahkan makanan lain bisa memenuhi sesuai dengan kebutuhannya," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat