androidvodic.com

Sanofi Kenalkan PharmAcademy, Platform Edukasi Apoteker - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu 

News, JAKARTA - Sanofi Consumer Healthcare (Sanofi CHC) Indonesia menggandeng SwipeRx meluncurkan platform digital PharmAcademy

Kolaborasi ini diharapkan dapat membuat akses swamedikasi atau perawatan diri (self-care) secara fisikal dan mental konsumen menjadi lebih baik. 

Seperti diketahui, masyarakat di Indonesia banyak melakukan konsultasi melalui tenaga kesehatan, khususnya Apoteker.

“Di Asia Tenggara, umumnya masyarakat mengunjungi apoteker 10-12 kali setahun, dibandingkan 1 kali setahun kunjungan mereka ke dokter,” ujar Maria Valentina Sposito, ASEA Head Sanofi CHC dalam keterangannya, Senin (19/6/2023). 

Hal ini menunjukkan apoteker bisa menjadi lebih siap dalam membantu masyarakat menjadi lebih peduli kepada diri mereka sendiri.

Baca juga: Upaya Hukum Mahasiswa Apoteker Mencari Keadilan Mendapat Dukungan dari KAMPAK

Maria mengatakan, dengan adanya fitur PharmAcademy tersebut, komunitas farmasi atau apoteker dapat meningkatkan keahlian yang dapat menunjang pekerjaan sehari-hari dalam berhubungan langsung dengan konsumen. 

Seperti dalam memberikan rekomendasi pengobatan, informasi obat yang ingin diminum, perawatan lebih lanjut, dan pencegahan penyakit sesuai kebutuhan. 

Dalam kegiatan tersebut juga turut membahas mengenai kepentingan serta manfaat dari swamedikasi atau perawatan diri (self-care), bukan hanya kepada para pasien, namun juga untuk para komunitas Apoteker. 

Kegiatan SwipeRx IPEC 2023 dihadiri oleh lebih dari 700 Apoteker dan pemilik apotek di wilayah Jawa Timur.

"Ketika masyarakat membahas mengenai perawatan diri, hal yang terbersit pertama kali adalah hal-hal yang berkaitan dengan kemewahan dalam merawat diri seperti pijat, perawatan tubuh, salon. Padahal arti perawatan diri atau swamedikasi tidak sesimpel itu," jelas Maria. 

Ketika membahas swamedikasi harus memberikan yang terbaik bagi diri senditi dan juga kepedulian terhadap sekitar. 

Peluncuran PharmAcademy di Vasa Hotel Surabaya pada 17 Juni 2023 ini dihadiri juga Abhimanyu Dutta sebagai General Manager Sanofi CHC Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat