androidvodic.com

Revolusi Medis, 10x Genomics Roadshow Usung Teknologi Sel Tunggal - News

News, JAKARTA - Riset medis atau penelitian medis merupakan salah satu langkah krusial yang terus dikembangkan di Indonesia demi memperoleh pengembangan obat, ilmu pengetahuan, produk biologis dan lain sebagainya.

Satu diantara bidang ilmu sains yang terus dilakukan berbagai penelitian adalah genomik atau ilmu tentang genom.

Ilmu tersebut mempelajari cara kerja organisme, interaksi antar gen, dan pengaruh lingkungan terhadapnya.

Dalam bidang medis, genomik dapat membantu meningkatkan kualitas diagnosis penyakit, mengidentifikasi penyakit tertentu, mendeteksi virus, mengembangkan obat, dan lain-lain.

Sementara itu, genomik sel tunggal merupakan studi tentang individualitas dari sel menggunakan pendekatan analisis molekul biologi secara global.

Penelitian genomik sel tunggal menjadi bidang penelitian yang penting dalam beberapa tahun terakhir, karena kemampuannya untuk memeriksa informasi genetik dari sejumlah sel tunggal di semua organisme hidup.

Pengetahuan yang diperoleh dari hasil penelitian genomik sel tunggal akan berdampak besar dalam banyak aspek biologi.

Disamping hal tersebut, untuk memperoleh hasil studi penelitian yang berkualitas, tentu juga bergantung dengan penggunaan teknologi secara tepat guna, sehingga dapat membantu pengambilan sampel secara akurat, mempercepat penelitian, dan mendukung penarikan analisis secara tepat.

10x Genomics, sebagai perusahaan global yang berkomitmen menyediakan teknologi untuk memudahkan berbagai penelitian dalam bidang biologi, menyelenggarakan roadshow di Hotel Le Meridien Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam acara ini, ditampilkan perkembangan terkini dari teknologi sel tunggal, spasial, dan in situ.

"Di sini, 10x Genomics menekankan bagaimana teknologi-teknologi tersebut dapat bermanfaat untuk berbagai penelitian dalam studi tentang sistem kekebalan tubuh (imunologi), saraf, kanker (onkologi), dan juga Covid-19 pada pasien anak (pediatri)," kata CEO Exeins Health Initiative, Frilasita Aisyah Yudhaputri, dalam keterangannya Sabtu (1/7/2023).

Melalui roadshow ini, penyelenggara mengajak masyarakat untuk memberdayakan sains secara aplikatif dengan memanfaatkan temuan terkini dari teknologi sel tunggal, spasial, dan in situ. 

Penemuan berbagai teknologi tersebut menjadi sebuah terobosan besar di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Teknologi di bidang sel tunggal dan solusi spasial juga disinyalir dapat merevolusi bidang imunologi, studi penyakit menular, ilmu saraf, serta onkologi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat