androidvodic.com

dr. Hendra Wardhana, Sp.A Jelaskan Penyebab hingga Proses Penularan Tuberkulosis pada Anak - News

News, KESEHATAN - TB atau tuberkulosis adalah penyakit yang menyerang paru, namun juga dapat mengenai organ lain seperti selaput otak, usus, kelenjar getah bening, ginjal, tulang, dan juga kulit.

Tak hanya menyerang orang dewasa saja, penyakit TB ini juga dapat menyerang anak-anak.

Dokter Spesialis Anak, dr. Hendra Wardhana, Sp.A menjelaskan, penyebab penyakit TB pada anak disebabkan karena Mycobacterium Tuberculosis.

Bakteri tersebut biasanya menginfeksi orang dewasa, di mana orang dewasa dapat menularkan bakteri tersebut kepada anak-anak melalui kontak langsung.

TB ditularkan melalui udara dari pasien TB ke orang yang ada di sekitarnya, melalui percikan air ludah pasien saat sedang batuk, bicara, atau bersin tanpa menutup mulut dan hidung atau tanpa menggunakan masker.

Baca juga: dr. Zaidul Akbar Beberkan Dua Makanan yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak, Apa Saja?

Hal tersebut disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak, dr. Hendra Wardhana, Sp.A yang dilansir TribunHealth dalam tayangan YouTube Tribun Health.

"Jadi karena Mycobacterium Tuberculosis yang diderita orang lain, biasanya terjadi pada orang dewasa. Mungkin orang dewasa itu gemas sama anak kecil, kemudian peluk-peluk, kemudian cium sembarangan, kita tidak pernah tahu orang itu sehat apa tidak," terang dr. Hendra Wardhana, Sp.A.

TB baik pada anak maupun pada orang dewasa sama-sama terbagi menjadi tiga tahap, yaitu infeksi bakteri, TB laten, TB aktif.

Infeksi bakteri merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kontak dengan penderita, lalu terinfeksi bakteri tuberkulosis.

Pada kondisi ini, gejala belum timbul dan pemeriksaan menunjukkan hasil negatif.

Baca juga: dr. Hendra Wardhana, Sp.A Paparkan Ciri-ciri Tuberkulosis pada Anak, Salah Satunya Berat Badan Seret

TB laten adalah TB di mana sudah ada kuman TB dalam tubuh, namun masih tempur dengan antibodi di dalam tubuh, sehingga belum menimbulkan gejala.

Sedangkan TB aktif atau sakit TB, merupakan TB yang sudah menimbulkan gejala, seperti berat badan seret, batuk-batuk, demam, dan gejala lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat