androidvodic.com

Tips Mengatasi Ketombe Menggunakan Bahan Alami yang Ada di Sekitar - News

TRIBUNHEALTH.COM - Ketika rambut berketombe tentunya akan mengganggu kita.

Selain terasa gatal, ketombe yang kadang rontok ke baju membuat kita merasa malu dan kurang percaya diri. Biasanya ketombe muncul karena adanya produksi minyak yang berlebih pada kulit kepala, kurang memperhatikan kebersihan rambut, perubahan hormon, atau bisa juga karena infeksi jamur, psoriasis, sensitif dengan kandungan tertentu pada sampo dan dermatitis seboroik.

ilustrasi mengatasi ketombe menggunakan bahan alami
ilustrasi mengatasi ketombe menggunakan bahan alami (health.gird.id)

Baca : Ketika Seorang Perempuan Melihat Laki-laki Tampan, Apakah Bisa Terjadi Basah? Ini Kata dr. Binsar

Melansir yankes.kemkes.go.id, untuk menghilangkan ketombe bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar, diantaranya:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki zat aktif antibakteri dan antijamur yang bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Lidah buaya juga bisa mengurangi peradangan dan mampu mengendalikan infeksi penyebab rambut rontok.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi ketombe yakni dengan megoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang bisa mengusir jamur penyebab infeksi. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa yakni cukup menggunakan dua sendok makan mimyak kelapa. Kemudian, pijat kulit kepala secara perlahan.

Setelah itu diamkan selama satu jam sebelum membilasnya dengan sampo. Setelah selesai dibilas sampo, pastikan rambut terbilas bersih agar tidak ada sisa minyak yang tertinggal karena bisa berisiko menyumbat pori-pori kulit.

Baca: Kulit Oily dan Acne Prone Bukan Berarti Tidak Membutuhkan Moisturizer, dr. Nila Jelaskan Alasannya

3. Garam

Tekstur garam yang identik seperti scrub bisa menjadi andalan untuk menggosok ketombe dari permukaan kulit kepala. Semuanya bisa dilakukan tanpa merusak rambut.

Jika menggunakan garam untuk mengatasi ketombe, cukup ambil sejumput garam, lalu taburkan pada kulit kepala yang bermasalah dan gosok secara perlahan. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya menggunakan sampo sampai bersih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat