androidvodic.com

Suka Minum Kopi? Berikut dr Mega Febrianora Paparkan Takaran Kopi yang Baik Dikonsumsi Tiap Harinya - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Mega Febrianora, Sp.JP, FIHA, FAPSC paparkan mengenai takaran kopi yang disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya.

Saat ini, kopi merupakan salah satu minuman populer yang banyak digemari oleh beberapa kalangan.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kedai kopi yang tersebar di berbagai daerah di seluruh dunia.

Beberapa orang percaya jika kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari meningkatkan energi, menurunkan berat badan, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Baca juga: Berdebar Setelah Minum Kopi? Berikut 5 Tips untuk Mengatasi Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi

Kendati demikian, sebelum Anda minum kopi ada baiknya mengetahui terlebih dahulu takaran kopi yang baik dikonsumsi setiap harinya.

Dilansir TribunHealth, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Mega Febrianora, Sp.JP, FIHA, FAPSC memberikan penjelasan mengenai takaran kopi harian yang boleh dikonsumsi dalam tayangan YouTube Tribun Jabar Video.

dr Mega Febrianora menuturkan, terdapat riset yang dikeluarkan oleh American College of Cardiology yang menyatakan jika konsumsi kopi baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Data tersebut menyebutkan, konsumi kopi sekitar 3 cup hingga 5 cup sehari dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner, gagal jantung, gangguan irama jantung, serta menurunkan risiko kematian sekitar 15 persen.

Namun, penting untuk diketahui, kopi yang diklaim baik untuk kesehatan jantung adalah kopi plain atau kopi hitam tanpa tambahan gula, susu, atau pun tambahan lainnya.

Selain itu, dr Mega Febrianora menjelaskan, dari jurnal yang sudah ada terdapat istilah yang digunakan oleh orang luar negeri sebagai acuan takaran porsi kopi yang boleh dikonsumsi dalam sehari.

Takaran porsi kopi tersebut diukur dalam sebuah cup, yaitu cangkir kecil yang ukurannya seperti cangkir teh.

Yang disebut dengan definisi cup ialah cup atau cangkir dengan ukuran atau takaran 8oz.

Namun, karena ukuran 'oz' di Indonesia tidak terlalu populer, jika ukaran ini dikonfersi ke dalam bentuk mililiter setara dengan 236 ml.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat