androidvodic.com

dr Zahra Paparkan Tanda-tanda Wajah yang Terpapar Krim Steroid, Muncul Urat Halus hingga Berjerawat - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Zahra Ayu Lukita Sari, Sp.KK berikan penjelasan mengenai tanda-tanda wajah yang terpapar krim steroid.

Steroid atau sering disebut kortikosteroid merupakan golongan obat untuk menghentikan proses inflamasi alias peradangan dalam tubuh.

Steroid bekerja menyerupai kortisol, hormon yang diproduksi kelenjar adrenalin tubuh, dengan mempersempit pembuluh darah dan menekan reaksi sistem imun yang berlebihan.

Selain itu, steroid merupakan krim anti radang yang memiliki efek hipopigmentasi atau memiliki efek memutihkan, sehingga krim ini sering kali digunakan untuk memutihkan kulit.

Kendati dapat memutihkan kulit, namun penggunaan krim steroid tidak disarankan karena dapat berdampak pada kesehatan kulit.

Baca juga: Berbahaya Bagi Kulit, dr Zahra Tegaskan untuk Tidak Obati Jerawat & Putihkan Kulit dengan Steroid

Kandungan steroid ini hanya boleh digunakan untuk mengobati kulit yang mengalami dermatitis atopik, psoriasis, hingga reaksi alergi.

Dilansir TribunHealth, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Zahra Ayu Lukita Sari, Sp.KK memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribun Lampung News Video.

Penggunaan krim steroid dalam jangka waktu yang lama akan memberikan dampak buruk pada kesehatan kulit itu sendiri.

dr Zahra Ayu Lukita Sari, Sp.KK memaparkan gejala atau tanda-tanda yang dapat muncul pada kulit wajah ketika seseorang terlalu sering atau terlalu lama menggunakan krim dengan kandungan steroid ini.

- Muncul urat-urat halus pada wajah

Menurut dr Zahra Ayu Lukita Sari, Sp.KK, seseorang yang sering terpapar krim pemutih yang mengandung steroid, lama-lama akan mengeluhkan kondisi wajahnya.

Keluhan yang sering disampaikan ialah muncul urat-urat halus pada kulit wajah.

"Jadi keluhannya itu muncul urat-urat halus di wajahnya, padahal sebelum menggunakan krim tersebut uratnya tidak terlihat."

Kondisi tersebut dapat terjadi karena kandungan steroid tersebut sebenarnya tidak boleh digunakan dalam jangka panjang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat