androidvodic.com

Hadirkan 250 Brand & 26 Seminar Ilmiah, IDEC '23 Perkuat Ekosistem Industri Kedokteran Gigi Nasional - News

News - Pameran industri dan konferensi internasional kedokteran gigi terbesar di Indonesia, Indonesia Dental Exhibition & Conference (IDEC) akan kembali hadir tahun ini.

Gelaran yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya oleh Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) bekerja sama dengan Koelnmesse Pte.Ltd dan PT Traya Eksibisi Internasional ini akan berlangsung selama 3 hari dari 15 - 17 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. 

Berbeda dengan gelaran sebelumnya, IDEC 2023 mengusung tema “The Transformation of Dental Health Resiliency”, merupakan sebuah aksi dari potret sebuah fenomena kondisi kesehatan gigi di Indonesia yang terus beradaptasi akibat dampak pandemi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Tak bisa dipungkiri, pandemi covid-19 yang terjadi selama lebih dari 2 tahun terakhir mengakibatkan disrupsi besar-besaran terhadap ketahanan kesehatan di Indonesia.

Masalah kesehatan mulut pun menjadi perhatian serius, mengingat mulut merupakan “pintu masuk” bagi bakteri dan virus ke dalam tubuh.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mulut merupakan indikator utama kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup secara menyeluruh.

Kesehatan mulut pun diartikan oleh WHO sebagai keadaan bebas dari nyeri mulut dan wajah, kanker mulut dan tenggorokan, infeksi serta luka mulut, penyakit periodontal (gusi), kerusakan gigi, kehilangan gigi, serta penyakit dan berbagai gangguan lainnya.

Oleh karena itu, transformasi ketahanan kesehatan gigi yang menyeluruh terutama pada pascapandemi penting untuk dilakukan.

Hal ini sejalan dengan upaya Kementerian Kesehatan sebagaimana disampaikan di situs resminya dalam mewujudkan transformasi kesehatan yang dilakukan pada 2021 - 2024 yang terdiri dari 6 pilar berbeda.

Adapun keenam pilar tersebut adalah transformasi layanan primer, transformasi layanan sekunder, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sumber daya manusia kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan. 

“PB PDGI siap mendukung pemerintah dalam mewujudkan Indonesia melakukan transformasi kesehatan 2021 - 2024.

Dengan semangat meningkatkan kualitas dokter gigi di tanah air di tengah dinamisasi zaman yang berubah begitu cepat, kami hadirkan IDEC kembali sebagai solusi penting.” papar Ketua Kolegium Dokter Gigi Indonesia sekaligus Ketua Penyelenggara IDEC 2023, drg. Diono Susilo, MPH.

IDEC 2023 menjadi momen strategis PB PDGI untuk memperkuat ekosistem kesehatan gigi nasional, ajang peningkatan kapasitas para dokter gigi Indonesia sehingga mampu beradaptasi dan mahir dalam penggunaan teknologi kesehatan gigi mutakhir. 

Pasar bebas ASEAN 2025 sudah di depan mata, Indonesia akan berhadapan bukan hanya dengan dokter gigi dan pelaku usaha kesehatan gigi sesama negara ASEAN, seperti Malaysia dan Singapura saja, namun juga dengan negara maju lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok hingga Australia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat