androidvodic.com

Kenali Dampak Buruk Tidur dengan Lampu Menyala hingga Tips Mendapatkan Kulitas Tidur yang Baik - News

News, KESEHATAN - Tidur di malam hari menjadi waktu istirahat terbaik bagi setiap orang untuk mengembalikan kondisi tubuh agar tetap sehat dan fresh di hari berikutnya.

Beberapa orang memilih tidur dengan mematikan lampu, tetapi beberapa orang lainnya juga terbiasa tidur dengan lampu menyala.

Perlu diketahui, bahwa tidur dengan lampu mati atau menyala bisa mempengaruhi kesehatan tubuh.

Baca juga: 4 Tips Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami, Dapat Anda Terapkan di Rumah dengan Mudah

Melansir dari Sleep Foundation, paparan cahaya buatan yang berlebihan atau tidak tepat waktu dapat menyebabkan ritme sirkadian seseorang tidak selaras dengan jadwal siang-malam.

Hal ini dapat mengganggu tidur mereka dan menyebabkan dampak kesehatan lainnya, termasuk metabolisme yang memburuk, penambahan berat badan, masalah kardiovaskular, dan bahkan peningkatkan risiko kanker.

Ritem sirkadian adalah jam internal 24 jam yang mengoordinasikan berbagai proses dalam tubuh, termasuk tidur.

Ritme ini dikendalikan oleh sebagian kecil otak yang dikenal sebagai alat pacu jantung sirkadian yang sangat dipengaruhi oleh paparan cahaya.

Ilustrasi tidur dengan lampu menyala, berikut dampak buruk tidur dengan lampu menyala dan tips mendapatkan kualitas tidur yang baik
Ilustrasi tidur dengan lampu menyala, berikut dampak buruk tidur dengan lampu menyala dan tips mendapatkan kualitas tidur yang baik (pixabay.com)

Baca juga: dr. Zaidul Akbar Sebut Mencukupi Kebutuhan Tidur Penting untuk Recovery Tubuh

Efek Tidur dengan Lampu Menyala

Masih dikutip dari sumber yang sama, terdapat beberapa efek kesehatan yang dapat disebabkan karena tidur dengan lampu menyala, yaitu:

1. Ketegangan mata

Bahkan tingkat cahaya yang rendah selama tidur juga dikaitkan dengan ketegangan mata.

Tidur dengan cahaya bisa mengakibatkan rasa sakit, lelah, dan tidak nyaman pada mata, serta kesulitan fokus yang lebih besar.

2. Obesitas dan penambahan berat badan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat