androidvodic.com

Intip 8 Langkah Menyimpan dan Menghangatkan ASI agar Tidak Basi - News

TRIBUNHEALTH.COM - Banyak kondisi yang mengharuskan ibu menyimpan ASI untuk dijadikan stok. Bisa jadi itu karena ibu harus bekerja di luar rumah atau sekadar untuk berjaga-jaga.

Menyimpan dan menghangatkan ASI perah (ASIP) sendiri perlu diperhatikan khusus. Tujuannya agar kandungan di dalamnya tidak rusak dan tetap bisa diterima dengan optimal oleh si kecil.

ilustrasi menyimpan ASI
ilustrasi menyimpan ASI (health.kompas.com)

Alasan ASIP Perlu Disimpan dengan Tepat

Dengan mengikuti langkah penyimpan ASIP yang tepat, ibu bisa menjaga keamanan dan kualitas ASI perah untuk kesehatan si kecil.

Ini penting karena ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi berapa lama ASIP bisa disimpan dengan aman.

Mulai dari suhu ruangan saat ASI diperas, volume, fluktuasi suhu di lemari es dan freezer, serta kebersihan lingkungan.

Baca : Inilah Sosok Reski, Bocah SD yang Viral Tak Punya Kaki dan Tangan yang Disuapi Teman Sekelas

Bagaimana Cara Menyimpan ASI yang Sudah Diperah?

Melansir gooddoctor.co.id, hal pertama yang perlu dilakukan ialah memastikan aspek kebersihan telah terpenuhi. Pastikan ibu sudah mencuci tangan dengan bersih, baik sebelum memeah ASI ataupun ketika hendak menyimpannya.

Selanjutnya, seperti yang tercantum dari Womenshealth dan IDAI, langkag menyimpan ASI perah yang baik ialah sebagai berikut:

1. Simpan ASI perah pada wadah penyimpanan yang telah dibersihkan. Moms bisa menggunakan botol kaca atau kontainer plastik dengan tutup yang rapat dan bebas bisphenol A (BPA).

2. Letakkan ASI perah ke dalam freezer, jika ibu tidak akan menggunakan ASI perah yang didinginkan dalam 4 hari ke depan, bekukan segera setelah pemompaan.

3. Ibu juga bisa menggunakan kotak pendingin berinsulasi dengan kantong es beku hingga 24 jam setelah pemompaan. setelah itu, ASI perah harus disimpan di lemari es atau dibekukan.

4. Pastikan wadah ASIP telah diberi label nama anak dan tanggal ASI diperah. Ini berfungsi memastikan bahwa ASIP yang dipakai ialah ASIP yang lebih lama.

ilustrasi cara menyimpan ASI
ilustrasi cara menyimpan ASI (health.grid.id)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat