androidvodic.com

Ibu Hamil Wajib Tahu Cara Mengatasi Heartburn dan Penyebabnya - News

TRIBUNHEALTH.COM - Salah satu keluhan yang kerap terjadi selama masa kehamilan pada ibu hamil adalah heartburn.

Sebenarnya heartburn bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari perubahan hormon hingga akibat dari perkembangan janin.

Heartburn kerap dikeluhkan ibu hamil saat trimester pertama atau memasuki bulan kedua, tapi bisa saja berlanjut selama kehamilan.

jfdhgcjm
heartburn saat hamil

Penyebab Heartburn pada Ibu Hamil

Melansir siloamhospitals.com, beberapa faktor yang bisa menyebabkan heartburn pada ibu hamil yaitu:

1. Perubahan Hormon

Heartburn tak selalu disebabkan oleh kondisi kesehatan fisik, namun bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon selama kehamilan. Pasalnya, awal kehamilan tubuh akan memproduksi leboh banyak hormon progesteron.

Baca : Tak Perlu Khawatir, Transplantasi Rambut bisa Dilakukan Penderita Alopecia, Ini Kata Dokter

2. Pencernaan Lambat

Meningkatnya hormon selama amsa kehamilan berkaitan dengan sistem pencernaan. Pasalnya hal ini bisa menyebabkan pencernaan melambat dan juga memicu heartburn pada ibu hamil.

Namun, melambatnya pencernaan pada ibu hamil justru dapat membantu penyerapan nutrisi ke aliran darah menjadi lebih baik dan akan disalurkan ke janin melalui plasenta.

3. Perkembangan Janin

ilustrasi perkembangan janin
ilustrasi perkembangan janin (health.kompas.com)

Perkembangan janin yang semakin besar bisa menjadi penyebab heartburn pada ibu hamil. Perkembangan janin yang semakin besar memberi tekanan pada perut ibu.

Tekanan tersebut dapat menyebabkan asam lambung terdesak naik ke kerongkongam dan memicu sensasi panas pada dada. Kondisi ini biasanya terjadi ketika trimester tiga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat