androidvodic.com

Ibu Menyusui Wajib Mencoba 9 Cara Ini untuk Memperbanyak ASI - News

TRIBUNHEALTH.COM - Tak jarang ditemui ibu menyusui mengalami ASI seret atau hanya keluar sedikit.

Sehingga, ibu tidak bisa memberikan ASI dengan jumlah yang optimal pada bayi.

Cara Memperbanyak ASI

Melansir siloamhospitals.com, ASI ekslusif ialah pemberian ASI tanpa tambahan makanan ataupun minuman (kecuali obat) pada bayi hingga usianya genap enam bulan.

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, terumata di usia 6 bulan pertama. Namun, kerap kali ASI yang hanya keluar sedikit memang membuat ibu merasa khawatir.

ilustrasi ASI melimpah
ilustrasi ASI melimpah (kompas.com)

Baca : Adakah Bahan Alami yang Direkomendasikan untuk Mengatasi Infeksi Telinga dan Tenggorokan?

Beberapa faktor yang menyebabkan ASI seret seperti stres, baby blues atau postpartum depression. Walupun begitu, ibu tak perlu khawatir, terdapat beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa dicoba di rumah, di antaranya adalah:

1. Rutin Pompa ASI

Setelah menyusui bayi, payudara biasanya masih terasa kencang dan keras karena terdapat sisa ASI di dalamnya. Baiknya ibu mengosongkan payudara menggunakan pompa ASI dan menyimpan di dalam lemari pendingan dengan suhu yang pas agar ASI tetap awet untuk jadwal menyusui berikutnya.

2. Lebih Sering Menyusui

ilustrasi ASI ibu melimpah
ilustrasi ASI ibu melimpah (kompas.com)

Beberapa minggu awal kelahiran bayi, jadwal pemberian ASI belum teratur. Walaupun begitu, ibu bisa memberikan ASI kapan pun bayi membutuhkan. Ibu sangat disarankan memberi ASI setidaknya 2-3 jam sekali atau 8-12 kali sehari.

Semakin sering ibu memberikan ASI, maka produksi ASI juga semakin bertambah.

3. Pastikan Lingkungan Nyaman

Selama menyusui, ibu sangat disarankan mengelola stres, perasaan cemas ataupun depresi dengan baik. Berbagai masalah psikologis diketahui mampu mempengaruhi produksi ASI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat