androidvodic.com

7 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat, Lakukan Sederet Langkah Ini untuk Mengurangi Risikonya - News

TRIBUNHEALTH.COM - Sudah tidak asing kita mendengarkan jika makanan selalu dikaitkan dengan jerawat. Meskipun kebenaranya belum dipastikan 100 persen, beberapa pendapat mengklaim terdapat makanan yang bisa memunculkan jerawat.

Makanan dan minuman itu bisa meningkatkan produksi sebum, sekaligus membuat pori-pori tersumbat.

Maka dari itu, disarankan untuk menghindari makanan penyebab jerawat. Dari sisi kesehatan, makanan yang diklaim memicu masalah kulit juga tak cukup menyehatkan. Terlebih lagi makanan yang mengandung banyak minyak. kalori dan kolesterol berlebih.

Ilustrasi bekas jerawat pada wajah
Ilustrasi bekas jerawat pada wajah (bali.News)

Baca : Rela Jual Organ Tubuh, Dede Sunandar Berjuang Demi Kesembuhan Putranya yang Derita Penyakit Langka

Makanan Penyebab Jerawat

Melansir ekahospital.com, berikut deretan makanan penyebab jerawat yang perlu diketahui:

1. Gorengan

Gorengan adalah makana favorit bagi kebanyakan orang. Mungkin terasa sulit menghindari gorengan yang gurih dan renyah. Sayangnya, penggunaan minyak berlebih membuat gorengan menjadi makanan yang tidak sehat.

Kadar minyak pada gorengan akan membuat lemak di dalam tubuh menumpuk. Terlebih bila minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali dan kotor. Tak hanya menyebabkan jerawat, namun kesehatan tubuh juga semakin terancam.

2. Makanan Cepat Saji

ilustrasi makanan cepat saji
ilustrasi makanan cepat saji (INC)

Sama seperti gorengan, makanan cepat saji juga menggunakan banyak minyak dalam proses pembuatannya. Tingginya kandungan lemak pada makana cepat saji dikabarkan memicu munculnya jerawat. Terlebih jika makanan cepat saji juga membuat penumpukan lemak, sehingga membuat berat badan akan lebih cepat naik.

3. Makanan yang Terbuat dari Tepung dan Gula Rafinasi

Makanan yang terbuat dari gula rafinasi dan terpung sangat mudah dijumpai di pasaran.

Anda bisa menemukannya pada pasta, maple syrup, minuman soda dan pemanis buatan lainnya. Tepung dan gula rafinasi akan sangat cepat diserap, sehingga meningkatkan kadar gula darah. Hal ini tentunyqa akan memicu insulin cepat keluar sekaligus mendorong munculnya jerawat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat