androidvodic.com

Dokter Spesialis Mata Bagikan Tips Cara Gunakan Softlens yang Benar Supaya Terhindar dari Iritasi - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Mata, dr Rani Himayani, Sp.M bagikan tips cara menggunakan softlens yang benar untuk mencegah terjadinya iritasi mata.

Softlens atau sering juga disebut dengan lensa kontak merupakan lapisan tipis berbentuk kepingan yang dipasang di mata untuk memperbaiki kualitas penglihatan.

Seperti hal nya kacamata, softlens dapat mengatasi refraksi mata, atau gangguan penglihatan yang meliputi mata minus (miopi), plus (hipermetropi), serta mata silinder (astigmatisme).

Pasalnya, penggunaan softlens ternyata tidak hanya digunakan untuk memperjelas penglihatan saja, namun juga digunakan untuk kebutuhan estetika.

Baca juga: Tips Mengatasi Mata Merah dan Gatal, Pastikan Hindari Menyentuh Mata serta Terapkan Hal Berikut

Kendati demikian, penggunaan softlens harus diperhatikan dengan benar supaya tidak terjadi iritasi mata saat menggunakan softlens.

Dilansir melalui kanal YouTube Tribun Lampung News Video, Dokter Spesialis Mata, dr Rani Himayani, Sp.M bagikan tips untuk mencegah iritasi mata saat menggunakan softlens.

dr Rani Himayani menuturkan, sebelum menggunakan softlens, ada baiknya mengenali terlebih dahulu jenis softlens yang akan digunakan.

Softlens sendiri memiliki jenis, ukuran, hingga kandungan air yang berbeda-beda, oleh sebab itu penting untuk memahami jenis softlens yang akan digunakan.

Tips Menggunakan Softlens

1. Cuci tangan sebelum memegang softlens

dr Rani Himayani imbau untuk mencuci tangan sebelum memegang dan menggunakan softlens.

Cuci tangan bertujuan untuk menjaga kebersihan tangan dari bakteri yang menempel pada tangan tersebut.

Pasalnya, ketika seseorang memegang softlens tanpa cuci tangan, dikhawatirkan akan memindahkan bakteri penyebab infeksi dari tangan ke softlens.

2. Membersihkan softlens

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat