androidvodic.com

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Memahami Pedoman Gizi Seimbang - News

TRIBUNHEALTH.COM - Gizi seimbang tentunya memang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang tentunya memberikan manfaat positif.

Pedoman gizi seimbang merupakan langkah pemerintah untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. pedoman ini diciptakan untuk menggantikan slogan 4 sehat 5 sempurna yang sempat populer sebelumnya.

Pedoman gizi seimbang tak cuma fokus pada asupan makanan. Pedoman ini nyatanya menyarankan masyarakat untuk aktif bergerak dan menjalankan hidup lebih bersih.

ilustrasi makanan gizi seimbang
ilustrasi makanan gizi seimbang (kompas.com)

Tujuan Pedoman Gizi Seimbang

Melansir ekahospital.com, berikut tujuan pemerintah membuat pedoman gizi seimbang untuk masyarakat:

1. Mengajak Konsumsi Makanan Bernutrisi

Tentunya satu jenis makanan tak akan cukup untuk memenuhi nutrisi. Dengan adanya pedoman gizi seimbang mengajak masyarakat untuk konsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan nutrisi yang berbeda. Dengan begitu, tentunya tubuh bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian secara seimbang.

Baca : Biasakan Minum Air Kelapa Campur 3 Bahan Ini, dr. Zaidul Akbar: Banyak Manfaat

Terlebih anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang bisa memaksimalkan pertumbuhan otot, tubuh dan otak. Dengan begitu bisa meminimalkan risiko anak terkena gizi buruk.

2. Membiasakan Hidup Bersih

tentu saja kebersihan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Dengan hidup yang bersih, maka setiap individu akan jauh dari penyakit. pasalnya, hidup bersih juga menjauhkan diri dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Pedoman gizi seimbang mengajak masyarakat untuk menjaga diri dan rajin cuci tangan dengan sabun. selain itu, perlu mengolah makanan dengan bersih dan menutupnya untuk mencegah dihinggapi lalat.

3. Rutin Olahraga

Sempatkan diri untuk melakukan gerakan olahraga praktis selama 15-20 menit dalam sehari untuk jaga imun. (Shutterstock)
Sempatkan diri untuk melakukan gerakan olahraga praktis selama 15-20 menit dalam sehari untuk jaga imun. (Shutterstock) (shutterstock)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat