androidvodic.com

Dokter Spesialis Mata: Jangan Gunakan Softlens Saat Tidur, Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan Mata - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Mata, dr Rani Himayani, Sp.M paparkan dampak buruk gunakan softlens saat tidur.

Softlens merupakan salah satu jenis alat bantu untuk memperjelas penglihatan yang dapat menggantikan fungsi daripada kacamata.

Softlens sendiri tidak disarankan untuk digunakan sebagai kepentingan estetika saja dan tidak disarankan untuk usia di bawah 18 tahun.

Pasalnya, penggunaan soflens sendiri membutuhkan perhatian khusus, sehingga penggunaan softlens disarankan untuk usia di atas 18 tahun.

Baca juga: Hati-hati Saat Gunakan Softlens, Penggunaan Softlens Tidak Tepat Timbulkan 4 Efek Samping Berikut

Penggunaan dan penyimpanan softlens sendiri harus dipastikan kebersihannya dan jangan sampai terkontaminasi karena dapat berdampak buruk pada kesehatan mata.

Selain itu, penggunaan softlens juga tidak disarankan digunakan saat sedang tidur.

Dilansir melalui kanal YouTube Tribun Lampung News Video, Dokter Spesialis Mata, dr Rani Himayani, Sp.M jelaskan dampak buruk penggunaan softlens saat tidur.

Baca juga: dr. Dyana Theresia Watania, Sp.M Paparkan Beberapa Aturan Saat Menggunakan Softlens

dr Rani Himayani menjelaskan, jika penggunaan softlens tidak boleh digunakan selama seharian penuh dan bahkan tidak boleh digunakan saat tidur.

Pasalnya, softlens ada yang memiliki durasi pemakaian hingga 24 jam dan ada juga yang memiliki durasi pemakaian maksimal 8 jam.

Softlens yang dijual bebas biasanya memiliki durasi pemakaian maksimal 8 jam saja, sehingga sangat dianjurkan untuk melepas softlens setelah 8 jam penggunaan.

dr Rani Himayani tegaskan untuk melepas softlens sebelum tidur, karena jika softlens digunakan saat tidur akan menimbulkan dampak buruk pada kesehatan mata.

Dampak Buruk Penggunaan Softlens Saat Tidur

1. Gangguan pertukaran oksigen pada mata

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat