androidvodic.com

6 Cara Menghadapi Orang Depresi, Mulai dari Selalu Ada dan Jaga Komunikasi - News

TRIBUNHEALTH.COM - Dalam kehidupan tentunya beberapa orang ada yang merasa berat ataupun hanya menjalaninya saja.

Tanpa disadari, beberapa orang di sekitar kita bisa saja mengalami depresi, sehingga cara kita menghadapinya bisa dikatakan masih kurang benar.

Melansir siloamhospitals.com, depresi merupakan gangguan mental yang membuat penderitanya mengalami rasa sedih berlebih dan kehilangan minat untuk beraktivitas seperti yang biasa dilakukan.

Bila kondisi ini dibiarkan saja dan tidak segera mendapatkan pertolongan dari orang lain ataupun tenaga medis profesional, maka bisa menimbulkan kondisi gangguan jiwa yang fatal, bahkan memicu keinginan bunuh diri.

ilustrasi seseorang yang mengalami depresi
ilustrasi seseorang yang mengalami depresi (kompas.com)

Baca : Adakah Makanan Tertentu yang Menyebabkan Alopecia? Ini Kata dr. Ammarilis

Cara Menghadapi Orang Depresi

Berikut beberapa cara menghadapi orang yang mengalami depresi:

1. Menjadi Pendengar yang Baik

Hal pertama yang harus dilakukan ketika menghadapi orang depresi ialah menjadi pendengar yang baik. Jika seseorang tersebut belum ingin bercerita, coba mulai pembicaraan dengan menanyakan kondisinya lebih dulu.

Ketika seseorang mulai terbuka dan mau menceritakan masalah yang dihadapi, coba dengarkan dengan tulus. Tunjukkan rasa empati kepadanya, kemudian pastikan apakah ia membutuhkan suatu pendapat atau tidak. Jika tidak, maka menjadi pendengar yang baik dan memberikan dukungan berupa pelukan bisa membantu menenangkannya.

2. Berikan Kekuatan

Saat kondisi mental sedang tidak stabil, seperti saat depresi, seseorang cenderung merasa dirinya lemah dan insecure. Bantu penderita depresi melalui fase ini dan berikan pengertian bahwa kondisi yang sedang dialaminya tak berarti bahwa dirinya lemah.

Beri afirmasi positif mengenai pencapaian yang sudah berhasil didapatkan serta hal positif lainnya, sehingga penderita depresi bisa merasa percaya diri.

Baca : Chef Arnold Beri Komentar Menohok Terkait Review Jujur Warung Nyak Kopsah, Singgung Sikap Menghina

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat