androidvodic.com

Sering Dianggap Sama, Dokter Kecantikan Paparkan 6 Perbedaan dari Jerawat dan Rosacea - News

News, KESEHATAN- Dokter Kecantikan, dr Maria Brigitta Trixie berikan penjelasan mengenai perbedaan antara jerawat dan rosacea.

Banyak orang yang beranggapan jika jerawat dan rosacea merupakan kondisi yang sama, padahal jerawat dan rosacea merupakan dua hal yang berbeda.

Jerawat atau sering disebut dengan acne vulgaris adalah permasalahan kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Sementara rosacea adalah gangguan pada kulit wajah yang ditandai dengan adanya peradangan pada kulit, timbulnya kemerahan, dan bintil yang mirip dengan jerawat.

Baca juga: Mengenal Rosacea, Gangguan Kulit Wajah yang Ditandai dengan Kemerahan hingga Faktor Penyebabnya

Meskipun keduanya memiliki tanda-tanda yang sama, yaitu timbulnya bintil di wajah, namun bintil pada jerawat dan rosacea berbeda.

Dilansir melalui kanal YouTube Tribun Lampung News Video, Dokter Kecantikan, dr Maria Brigitta Trixie memberikan penjelasan mengenai perbedaan jerawat dan rosacea.

Baca juga: Sederet Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Menurut Dokter Kulit, Salah Satunya Hindari Paraben

Perbedaan Jerawat dan Rosacea Menurut dr Maria Brigitta Trixie

1. Gejala awal munculnya

dr Maria Brigitta Trixie menuturkan, awal mula munculnya jerawat dan rosacea sendiri ditandai dengan hal yang berbeda.

Untuk jerawat, awal mula munculnya ditandai dengan adanya komedo, seperti whiteheads dan blackheads.

Sedangkan untuk rosacea, awal munculnya tidak ditandai dengan komedo, namun rosacea langsung muncul berupa bintil seperti papula atau nanah.

2. Kemerahan

Jerawat dan rosacea merupakan dua kondisi berbeda, akan tetapi kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan di wajah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat