androidvodic.com

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Tips Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak - News

TRIBUNHEALTH.COM - Menjaga kesehatan anak tentunya menjadi hal yang harus dilakukan orangua, termasuk kesehatan gigi dan mulut anak.

Sebagian besar orangtua masih kurang menyadari dan belum memperkenalkan kesehatan gigi dan mulut pada anak harus dilakukan sejak dini.

Menyikat gigi secara rutin menjadi salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Namun itu saja tidak cukup dan berbagai gangguan bisa muncul jika anak tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Anak-anak sering konsumsi perman atau makanan manis, sehingga risiko penyakit bisa meningkat jika tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut.'

Baca Juga : 3 Poin Penting bagi Wanita Berkaitan dengan Nyeri Haid, Ini Kata dr. Binsar Martin

Bakteri di dlaam mulut bisa berkembang biak hingga menimbulkan masalah gigi dan juga gusi.

Dilansir TribunHealth.com, dari laman telemed.ihc.id, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut anak, seperti:

1. Ajak Anak Memilih Peralatan yang Disukai

ilustrasi anak belajar sikat gigi
ilustrasi anak belajar sikat gigi (health.kompas.com)

Ajak anak memilih peralatan gigi yang sidukai dan biarkan anak memilih sikat gigi dan juga pasta gigi yang mereka inginkan.

2. Menggosok Gigi dengan Benar

Tentunya anak akan sulit menggosok gigi dengan benar. Maka dari itu, orangtua berperan penting memperlihatkan cara menggosok gigi dengan benar.

Menggosok gigi teratur adalah cara utama untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan mulut. American Dentan Association (ADA) menganjurkan menggosok gigi setdaknya selama dua menit, dua kali sehari. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi adlah sesudah makan dans ebelum tidur.

Baca Juga : Jangan Anggap Sepele, dr. Irene : Anemia pada Remaja Masih Banyak Terjadi

3. Batasi Anak Mengkonsumsi Makanan Manis

irmsdujrn
ilustrasi anak mengkonsumsi makanan manis

Anak usia sekolah umumnya senang menikmati makanan dan jajanan ringan. Jajanan yang digemari terutama ialah jajanan manis yang tinggi gula. Makanan seperti ini tentuya tidak baik untuk kesehatan gigi. Permen, es krim, kudapan dan minuman manis tidak baik untuk kesehatan gigi jika dikonsumsi berlebihan. Pembusukan gigi lebih cepat akibat makanan dan minuman manis, sehingga rentan terjadi gigi berlubang.

4. Melakukan Pemeriksaan Rutin Minimal 1 Kali dalam 3 Bulan

Melakukan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi bermanfaat untuk mengetahui kondisi gigi anak. Melakukan pencegahan sejak awal bisa membantu mengurangi biaya perawatan dan pengobatan di kemudian hari.

Melakukan pemeriksaan ke dokter gigi ialah salah satu langkah tepat ahar kondisi kesehatan gigi dan mulut anak tetap terjaga.

(TribunHelath.com/PP)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat