androidvodic.com

Pesepakbola Ade Mustikiana Oktafiani Dukung Kampanye Jaga Kesehatan Mata - News

TRIBUNNNEWS.COM - Ade Mustikiana Oktafiani, pesepak bola yang membela klub Arema Putri dan Timnas Indonesia, menaruh perhatian pada kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata, bagi atlet yang menggunakan lensa kontak itu, sangat penting karena dapat menunjang performanya di lapangan.

Ia harus cermat melihat pergerakan lawan saat menyerang, mengingat posisinya sebagai pemain belakang atau bek.

“Kondisi mata yang sehat mempengaruhi prestasi saya di lapangan,” kata Ade Mustikiana saat kampanye "Love Your Eyes at Work" yang digagas Optik Melawai dalam rangka World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia 2023.

Tak hanya Ade yang terlibat dalam kampanye tersebut. Hadir pula pengemudi ojek online dan pekerja kantoran di bidang desain grafis.

Baca juga: Hari Penglihatan Sedunia, Gapopin Ingatkan Masyarakat untuk Lebih Peduli Terhadap Kesehatan Mata

Mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak di luar ruangan, khususnya di jalan, mengenakan kacamata sangat penting.

Apalagi tingkat polusi udara sedang tinggi-tingginya seiring cuaca panas ekstrem di Jakarta. Debu jalanan berikut sinar ultraviolet yang tinggi dari Matahari dapat mengancam kesehatan mata.

“Penting banget menjaga kesehatan mata, dengan mata yang sehat saya bisa melihat jalanan, rambu-rambu di jalan dan dapat mengantarkan penumpang dengan selamat. Saya menggunakan kacamata hitam agar terhindar dari debu dan sinar Matahari, dengan begini saya terus bekerja untuk membahagiakan keluarga saya,” terang Dede Suryana, seorang pengemudi ojek online.

Kacamata hitam anti sinar ultraviolet bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata dari paparan sinar ultraviolet dan debu, serta paparan sinar biru yang dipancarkan layar komputer atau gawai, bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Yang tak kalah penting, yakni melakukan pemeriksaan mata secara berkala. Terutama mereka yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan seperti halnya Ade Mustikiana dan Dede Suryana.

Sementara bagi pekerja yang menghabiskan banyak waktu di depan gawai atau layar komputer, seperti halnya Sheila, pekerja kantoran bidang desain grafis, disarankan mengistirahatkan mata selama 20 menit.

Ia juga disarankan mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat objek yang berjarak 20 meter jauhnya.

Eddyanto Hadisurjo, Managing Director Optik Melawai, mengatakan melalui kampanye "Love Your Eyes at Work", pihaknya ingin menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan mata.

Ia berharap para pekerja apapun profesinya, tetap mencintai mata dengan melakukan tindakan-tindakan preventif yang dapat menjaga kesehatan mata.

"Misalnya Memakai kacamata saat berada di luar ruangan, atau memakai kacamata anti-sinar biru saat bekerja menggunakan laptop atau ponsel," ucap dia.

Pihaknya juga memberikan dukungan berupa cek mata gratis dan voucher untuk para pekerja yang membutuhkan bantuan alat penglihatan seperti kacamata untuk dapat membeli di optik.

"Cintai mata anda apapun pekerjaannya," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat