androidvodic.com

Menkes Dukung Rumah Sakit Tingkatkan Inovasi Teknologi untuk Layanan Kesehatan Masyarakat - News

News, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendukung upaya rumah sakit untuk meingkatkan inovasi teknologi untuk layanan kesehatan masyarakat.

Budi mengatakan, dirinya selaku Menteri Kesehatan menginginkan masyarakat luas mendapatkan instrumen alat kesehatan yang dibutuhkan dan dibarengi dengan sumber daya manusia (SDM) yang dapat mengoperasikan alat-alat tersebut.

Menurutnya, Kementerian Kesehatan sudah menghasilkan banyak inovasi dan akan terus berkembang demi memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat.

Namun, perkembangan tersebut membutuhkan lebih banyak waktu dan komitmen yang kuat.

"Hal ini menjadi tantangan dan kesempatan untuk eksplorasi mendalam dan kemajuan pada layanan kesehatan. Bantuan dan kontribusi dari perusahaan kesehatan seperti Siemens Healthineers akan sangat membantu secara signifikan dalam mencapai objektif tersebut,” ujar Budi.

Hal itu disampaikan Budi Gunadi dalam penandatangan kerja sama Kementerian Kesehatan dan perusahan peralatan medis asal Jerman dengan empat rumah sakit Indonesia, di Hotel St Regis Kuningan, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Keempat rumah sakit itu yakni RS Kanker Dharmais, RSUP Hasan Sadikin, RSPON Mahar Mardjono dan RS Kardiovaskular Nasional Harapan Kita.

Kerjasama ini terjalin selama tiga tahun dengan fokus di bidang penelitian dan keterampilan.

Misal, praktek Theranostics dalam kedokteran Nuklir bersama RS Pusat Kanker Dharmais Jakarta dan RSUP Hasan Sadikin Bandung.

Praktek theranostics merupakan integrasi pengujian diagnostik dan terapi bertarget. Perusahaan tersebut berupaya mengembangkan kemitraan pendidikan dan pusat penelitian theranostics dalam Kedokteran Nuklir.

Kerja sama ini tak hanya akan meningkatkan kemampuan alat medis, tetapi juga fokus pada peningkatan kapasitas dan pertukaran pengetahuan untuk mendukung pertumbuhan Kedokteran Nuklir di Indonesia.

"Melalui program pelatihan dan lokakarya khusus, para profesional kesehatan di RS Kanker Dharmais akan memiliki kesempatan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang theranostics.” ujar Direktur RS Kanker Dharmais, Soeko Werdi Nindito. 

Baca juga: Pemerintah Diminta Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Sementara itu, Country Head Siemens Healthuneers Indonesia, Alfred Fahringer melanjutkan, komponen utama dari kolaborasi tersebut akan mencakup lokakarya Pendidikan dan Program Pelatihan.

Sebab, pihaknya akan memberdayakan para profesional kesehatan dengan pengetahuan dan keterampilan terkini yang diperlukan untuk menyediakan layanan kesehatan transformatif.

"Kemudian, inisiatif penelitian dan pengembangan. Kemitraan ini akan memfasilitasi proyek penelitian dan pengembangan bersama, membina kolaborasi antara Siemens Healthineers dan profesional kesehatan dari masing-masing rumah sakit," tuturnya.

"Penelitian kolaboratif ini bertujuan untuk mendorong inovasi dan berkontribusi terhadap evolusi dalam lanskap layanan kesehatan Indonesia," tambahnya.

Alfred mengaku sangat antusias kolaborasi yang terjalin hari ini demi layanan kesehatan masyarakat Indonesia.

Ia pun meyakini dengan pemberian pengetahuan dan penelitian ini bisa menambah ilmu para profesional kesehatan untuk meningkatkan kesembuhan pasien.

"Kolaborasi inovatif ini menandai momen penting, seiring kami memulai perjalanan untuk mendefinisikan kembali solusi layanan kesehatan yang tepat, personal dan efektif untuk kepentingan masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat