androidvodic.com

7 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan: Melancarkan Pencernaan hingga Mengurangi Racun dalam Tubuh - News

News - Simak inilah tujuh manfaat kesehatan mengonsumsi buah jambu air.

Jambu air (syzygium aqueum) merupakan buah bernutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, serta memiliki rasa manis dan segar.

Berdasarkan informasi Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam 100 gram buah jambu air mengandung 90 persen air dan sisanya dalam jumlah kecil adalah protein; karbohidrat; serat; dan vitamin C, A, B1, B3; serta mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan belerang.

Lantas, apa saja manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh?

Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan

Berikut 7 manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh, dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id:

  • Mengatasi kolesterol, mengurangi risiko stroke dan masalah jantung

Menurut Brown, dkk. (1999) dalam American Journal of Clinical Nutrition “kolesterol jahat” atau low-density lipoprotein dapat menyebabkan penumpukan lemak dan endapan lilin di arteri dan membahayakan jantung.

Komplikasi kardiovaskular terkait dengan tingginya kadar kolesterol LDL, termasuk stroke dan jantung koroner.

Jumlah natrium dan kolesterol yang dapat diabaikan dalam jambu air dapat menurunkan kemungkinan stroke dan penyakit kesehatan seperti peradangan, kerusakan oksidatif, kesehatan jantung, aterosklerosis, tekanan darah, dan kesehatan endotelium.

Perkembangan plak dalam tubuh yang mengakibatkan stroke atau serangan jantung juga dapat dihindari dengan konsumsi vitamin C.

Baca juga: 16 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan Mata, Kulit, dan Mulut

Hal tersebut sesuai studi yang dihasilkan oleh Yassir, dkk. (2022) dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity.

  • Mengurangi racun dalam tubuh

Memiliki sifat diuretik, jambu air secara tradisional digunakan dalam banyak ramuan untuk membersihkan racun hati dan ginjal secara efektif.

Bahan kimia beracun dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, kanker, dan radang sendi.

Jambu air dapat menghilangkan zat beracun dari dalam tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan (Mohanty, S., & Cock, I. E. (2010) dalam Bioactivity of Syzygium jambos methanolic extracts: Antibacterial activity and toxicity.)

  • Memiliki aktivitas antiproliferasi yang dapat mencegah perkembangan sel kanker

Adanya vitamin C, vitamin A, dan senyawa organik aktif lainnya dalam jambu air dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat