androidvodic.com

Anak Usaha BUMN Selenggarakan Operasi Katarak, Sasar 100 Peserta di Jakarta dan Surabaya - News

Laporan Wartawan Tribun Network, Willy Widianto

News, JAKARTA - Bank Mandiri Taspen (Mantap) dan Allianz Indonesia menggelar proses screening katarak bagi para nasabah terdaftar dilanjutkan dengan operasi katarak pada 4 Februari 2024.

Anggota Perhimpunan Dokter Mata Indonesia(PERDAMI), dr Rio Rhendy, Sp.M (K) mengatakan gangguan katarak adalah gangguan degeneratif.

“Mirip dengan uban, katarak dapat dialami semua orang seiring dengan pertambahan usia. Meskipun munculnya berbeda pada setiap orang, biasanya katarak muncul di usia 56 tahun saat pensiun,” ujarnya, Kamis(25/1/2024).

Katarak kata Rio Rhendy, bisa berdampak sosial dan ekonomi pada keluarga penderita. Penderita katarak harus ditemani anggota keluarga untuk membantu aktivitas dan kesehariannya.

“Ibunya sakit katarak, otomatis anaknya harus menemani, takut ibunya terjatuh dan lainnya,” ujarnya.

Akibatnya, produktivitas dan aktivitas anggota keluarga itu mengalami penurunan. “Ekonomi keluarga pun ikut berkurang,” ujarnya.

Dengan program operasi katarak gratis dari Bank Mandiri Taspen akan mengurangi dampak sosial dan ekonominya. “Kalau kita bisa operasi 100 mata dan terus berlanjut, minimal akan ada 100 keluarga yang meningkat ekonominya,” kata Rio Rhendy.

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen Elmamber Sinaga mengungkapkan, operasi katarak ini sebagai wujud kepedulian dan syukur Bank Mandiri Taspen saat HUT ke-9 tahun ini.

Baca juga: Turunkan Kasus di Indonesia, Puluhan Peserta Ikuti Operasi Katarak dan Bibir Sumbing di RSUI

“Saat ini tahapan operasi katarak gratis diadakan di dua kota, di Jakarta dan sekitarnya serta Surabaya dengan masing-masing diikuti 100 nasabah," kata Elmamber.

Ia mengatakan, program itu rencananya tak hanya digelar di dua kota, tapi juga kota lainnya. Untuk mendukung terlaksananya acara ini, Bank Mandiri Taspen bekerja sama dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia, dan Perhimpunan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI).

"Kita siap bekerja sama untuk mengadakannya di kota lain seperti Medan, Makassar, dan Semarang," ujarnya.

Baca juga: YDKK Gelar Operasi Katarak Gratis di Perbatasan Timor Leste, 100 Pasien Bisa Melihat Kembali

Kegiatan ini, ungkap Elmamber, merupakan wujud dari tiga pilar program Bank Mandiri Taspen.

“Ada Mantap Melihat lewat program operasi katarak gratis, kemudian Mantap Aktif di mana kami memfasilitasi nasabah untuk lebih aktif berkumpul, dengan mendukung berbagai acara seperti pengajian, senam, dan seterusnya. Lalu Mantap Sejahtera bagi bapak dan ibu perlu support agar tetap produktif di masa pensiun,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat