androidvodic.com

Wamenkes Khawatir Orangtua yang Biarkan Anaknya Tumbuh Gemuk, Waspada Jadi Tabungan Penyakit - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA -- Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes RI) Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, KEMD, PhD, menyampaikan kekhawatirannya terkait angka obesitas pada anak di Indonesia yang terus meningkat, seiring dengan persiapan Indonesia menuju generasi emas 2024.

Obesitas pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia, yang berdampak pada anak-anak dan remaja.

Baca juga: Anak Gemuk Belum Tentu Sehat, Siapa Tahu Obesitas, Ketahui Tanda-Tandanya

"Kita juga harus mempersiapkan anak-anak Indonesia untuk bebas dari obesitas dengan memberikan contoh asupan makanan sehat," tutur Dante dalam kegiatan diskusi multi-stakeholder di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), pada 2018, 1 dari 5 anak usia sekolah (20 persen, atau 7,6 juta) dan 1 dari 7 remaja (14,8 persen, atau 3,3 juta) di Indonesia hidup dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Siti Raysa Rahayu, bayi berusia 7 bulan putri pasangan Tabroni (33) dan Marlina (35) warga Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, yang mengalami obesitas dengan berat badan mencapai 15 kg.
Siti Raysa Rahayu, bayi berusia 7 bulan putri pasangan Tabroni (33) dan Marlina (35) warga Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, yang mengalami obesitas dengan berat badan mencapai 15 kg. (Istagram @BeritaCikarang)

Obesitas pada anak juga berpotensi menyebabkan resistensi insulin dan berdampak pada penyakit diabetes dan gangguan kardiovaskular.

"Dengan kerja sama strategis dari semua pemangku kepentingan, kami percaya hal ini akan membantu memperkuat upaya penyebaran informasi mengenai faktor risiko obesitas pada anak dan cara pencegahannya," ungkap dia.

Dante mengatakan, anak yang gemuk identik dengan sebutan lucu dan menggemaskan, padahal orangtua perlu waspasa.

Dibalik kelucuan dan gemasnya anak gemuk, tersimpan "tabungan penyakit" yang berkaitan dengan jantung koroner dan pembuluh darah

"Membiarkan anak-anak gemuk itu artinya memyimpan tabungan penyakit pembuluh darah di masa mendatang," ucap Dante.

Tanda-tanda obesitas pada Anak

Ilustrasi anak-anak yang cenderung lebih banyak duduk ketimbang melakukan kegiatan fisik.
Ilustrasi anak-anak yang cenderung lebih banyak duduk ketimbang melakukan kegiatan fisik. (telegraph.co.uk)

Direktur Eksekutif di International Pediatric Association, Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), menjelaskan, obesitas pada anak diukur menggunakan kurva referensi yang mencakup pengukuran berat badan dan tinggi badan.

Jika kurva menunjukkan angka persentil di atas 85, itu menandakan overweight atau kelebihan berat badan. Jika angka persentil di atas 95, maka dapat dikatakan obesitas.
Ketika anak itu sudah bertahun-tahun mengalami obesitas maka akan timbul warna kehitaman pada leher anak atau tanda acanthosis nigricans (AN), suatu kelainan kulit yang umum terjadi pada anak gemuk.

Waspada, karena anak dengan AN memiliki kemungkinan lebih besar daripada anak yang tidak menderita kelainan yang sama untuk mengalami gangguan insulin.

“Kelebihan lemak di seluruh tubuh juga dapat menyebabkan anak obesitas sering mengalami sesak napas," ungkap dia.
Menurut Prof. Aman, data menunjukkan bahwa sekitar 15-16 persen anak yang masih menjadi siswa SD di Jakarta mengalami resistensi insulin, sementara 34 persen anak SD di Jakarta telah mengalami hipertensi. Dengan kondisi ini, risiko penyakit diabetes dan penyakit lainnya pada anak-anak ini hampir pasti meningkat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat