androidvodic.com

Tips Cegah Panas Dalam di Bulan Puasa - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA -- Tak terasa sebentar lagi umat Muslim akan melaksanakan ibadah puasa.

Namun, ada saja tantangan dan godaan dibulan suci Ramadan. Misalkan emosi yang muncul tiba-tiba. Emosi itu ternyata bukan tanpa sebab.

Seorang pakar perilaku nafsu makan sekaligus profesor psikologi di Reed College, Paul Currie mengatakan perut kosong bisa menyebabkan kadar gula darah menurun sehingga memicu pelepasan hormon kortisol dan adrenalin yang menyebabkan seseorang menjadi lebih emosional. 

Baca juga: Tips Cegah Dehidrasi Saat Olahraga di Bulan Puasa

Selain itu, kondisi cuaca yang semakin panas juga memberikan tantangan tersendiri, terlebih saat berpuasa. 

Apalagi godaan makan makanan berminyak dan minuman manis, seperti gorengan, hingga minuman yang dingin dan manis, yang kebanyakan dianggap sebagai self-reward setelah seharian berpuasa. 

Padahal jika dikonsumsi secara berlebih, akan menimbulkan gejala panas dalam, radang tenggorokan hingga masalah pencernaan.

Untuk mengatasi tantangan dan godaan tersebut, berikut ini tips yang dikutip dari keterangan tertulis larutan Cap Kaki Tiga, agar bisa mencegah Panas Dalam saat berpuasa:


Pertama, Olahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan selama berpuasa demi menjaga stabilitas emosi.

Dengan berolahraga maka hormon endorfin dapat terpicu dan tubuh menjadi segar.

Selain itu, kelola hati melalui ibadah seperti membaca Al-Qur'an, salat, atau berdzikir yang mana sesuai dengan anjuran para ulama, yaitu untuk memperbanyak ibadah di bulan puasa agar menambah pahala dan tentunya menjaga emosi (lawan hati panas).


Lawan Cuaca Panas

Cuaca panas yang datang tidak menentu, tentu akan membuat tubuh cepat lesu, terlebih bagi yang aktif berkegiatan.

Baca juga: Sebentar Lagi 1 Ramadhan 1445 H/2024, Berikut Niat dan Doa Buka Puasa hingga Niat Salat Tarawih

Gunakan selalu pakaian berbahan katun yang lembut dan cepat menyerap keringat, serta hindari sinar matahari secara langsung. Jika harus beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa pakai topi agar tidak terkena langsung paparan matahari.

Lawan Panas Dalam

Salah satu penyakit yang paling sering dialami saat puasa adalah panas dalam. Untuk itu, konsumsi makanan selama bulan puasa harus lebih diperhatikan dari konsumsi hari-hari biasanya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat