androidvodic.com

Picu Penyakit Kronis, Terapkan 11 Langkah Ini Hindari Obesitas - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA -- Setiap tanggal 4 Maret diperingati sebagai Hari Obesitas Sedunia.

Berdasar data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), obesitas menjadi salah satu faktor risiko utama penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, hipertensi dan stroke, serta beberapa jenis kanker.

Pada tahun 2022, 1 dari 8 orang di dunia hidup dengan obesitas.

Terkini, obesitas dewasa di seluruh dunia telah lebih dari dua kali lipat sejak tahun 1990, serta obesitas remaja telah naik empat kali lipat.

Baca juga: Mengenal Prosedur Baru untuk Pasien Obesitas Gastric Ballon, Apa Manfaatnya?

Tidak hanya itu, anak-anak memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami obesitas daripada orang dewasa. 

Secara global, sebanyak 390 juta anak dan remaja berusia 5–19 tahun mengalami kelebihan berat badan pada tahun 2022, termasuk 160 juta yang hidup dengan obesitas, diperkirakan akan semakin buruk.

Faktanya, obesitas pada anak diperkirakan meningkat 100 persen antara tahun 2020 dan 2035.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training at Herbalife Susan Bowerman mengatakan, keadaan krisis obesitas berkembang lebih cepat pada anak-anak daripada orang dewasa.

"Sangatlah penting untuk mengatasi epidemi global ini. Lebih dari sekadar fokus pada penurunan berat badan, sangat penting untuk mengadopsi kebiasaan yang menumbuhkan hubungan sehat dengan makanan dan mempromosikan gaya hidup aktif yang berkelanjutan dalam jangka panjang," kata dia mengutip keterangannya yang ditulis Kamis (14/3/2024).

Menurut WHO, obesitas sebagian besar dapat dicegah. 

Berikut 11 beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah obesitas:

1. Jangan hanya fokus pada penurunan berat badan

Prioritaskan kebiasaan harian mengikuti pola makan sehat dan tetap aktif, serta mempertahankan praktik ini sepanjang hidup Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat