androidvodic.com

Vaksin TBC Baru Karya Anak Bangsa Jadi Harapan untuk Tekan Angka Kematian Tuberkulosis - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA - Vaksin Tuberkulosis (TBC) menjadi harapan baru untuk memberikan perlindungan yang ekonomis dan bermanfaat, lantaran dapat mengurangi dampak ekonomi akibat biaya perawatan kesehatan dan kehilangan produktivitas.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemkes) mendorong dunia untuk mempercepat penyediaan vaksin Tuberkulosis (TBC) baru.

Salah satunya, vaksin yang dikembangkan melalui kerja sama perusahaan farmasi asal China, CanSinoBio, dan perusahaan biofarmasi asal Indonesia, Etana. Pengembangan vaksin ini menggunakan vektor virus dan sudah melewati uji klinis fase satu.

"Kita sudah beli lisensi dalam bentuk vaksin TBC. Sekarang kita sedang preparasi untuk melakukan fase 1, 2 dan 3 di Indonesia. Baru mau di tahun ini, rencananya di bulan Juli, sekarang tahap persiapan dengan kordinasi ke BPOM," kata Presiden Direktur Etana, Nathan Tirtana dalam kegiatan buka puasa merasa media di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Baca juga: Kemenkes Ungkap 724 Ribu Kasus Baru TBC Ditemukan di Indonesia 

Ia berharap, vaksin TBC ini bisa diperkenalkan pada tahun ini, sebagai upaya mencegah angka kematian akibat TBC.

Diketahui, penyakit TBC di Indonesia menempati peringkat ketiga setelah India dan Cina dengan jumlah kasus 824 ribu dan kematian 93 ribu per tahun atau setara dengan 11 kematian per jam. 

Indonesia sendiri diestimasikan ada 824 ribu pasien TBC, dimana baru 49 persen yang ditemukan dan diobati.

"Daripada terus menunggu, harus kita memulai membuat vaksin. Harapannya kami bisa membangun pabrik khusus untuk produksi vaksin ini (TBC)," terang dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat