androidvodic.com

Kasus Malaria di Indonesia Tertinggi Kedua Setelah India, Terbanyak di Indonesia Timur - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA -  Kasus malaria di Indonesia saat termasuk yang tertinggi di Asia, bahkan nomor 2 setelah India dengan total kasus mencapai 418.546 selama taun 2023.

Dengan rincian, 369.119 kasus ditemukan di Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan.

Selain itu, wilayah Sumba dan Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur juga masih merupakan daerah penularan malaria.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Ditjen P2P, Kementerian Kesehatan RI, dr. Imran Pambudi, MPHM, menuturkan, kawasan Papua dan Nusa Tenggara merupakan daerah dengan kasus malaria tertinggi di Indonesia.

"Karenanya konsentrasi kasus terjadi di Papua maka upaya penanggulangan juga di Prioritaskan di Papua, dengan melakukan berbagai intervensi percepatan penurunan kasus," ungkap dia ditulis Jumat (26/4/2024).

World Malaria Report 2023 juga melaporkan India dan Indonesia masih menyumbang sekitar 94 persen kematian akibat malaria di seluruh kawasan WHO Asia Tenggara.

Berdasar data Kemenkes, kasus malaria di tahun 2023 turun dibandingkan tahun 2022 yaitu 443.530 kasus.

Namun jika dilihat pada 1 dekade terakhir , kasus malaria di tahun 2015 mencapai 217.025 kasus.

Peningkatan kasus ini juga disebabkan membaiknya sistem pencatatan dan pelaporan surveilans malaria di RS dan Puskesmas serta tingginya peningkatan penemuan kasus malaria yang dilakukan oleh kader malaria terutama di daerah endemis tinggi.

Baca juga: Kamerun Mulai Program Vaksinasi Malaria Pertama di Dunia

"Tahun 2023 jumlah tes yang dilakukan sekitar 3 juta tes terutama pada masyarakat di wilayah endemis tinggi," ungkap dr Imran.

Pihaknya menyebut, penangulangan target eliminasi malaria masih on the track, dimana target 2024 adalah 405 dan per maret 2024 mencapai 393 Kab/kota yang telah berhasil mencapai eliminasi malaria, dan terus dilakukan upaya mengidentifikasi daerah yang sudah rendah untuk segera didorong mencapai eliminasinya.

Baca juga: Amerika Catat 5 Kasus Malaria dalam 2 Bulan Terakhir, Penyebaran Lokal Pertama dalam 20 Tahun

Namun sayangnya, di masa-masa kedepan ini upaya penanggulangan malaria akan lebih menantang, karena daerah-daerah yang belum mencapai eliminasi adalah wilayah yang hard rock dimana daerah yang belum mencapai eliminasi adalah daerah yang masih endemis malaria terutama di kawasan timur Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat