androidvodic.com

Dokter Spesialis Gizi: Susu Kambing Herbal dan Rempah-rempah Atasi Masalah Tulang Akibat Asam Urat - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Asam urat tinggi merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan permasalahan serius pada tulang dan sendi.

Ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat secara signifikan, kristal-kristal asam urat dapat terbentuk dan menumpuk di sekitar persendian.

Akumulasi kristal ini menyebabkan peradangan dan nyeri yang hebat pada sendi, yang umumnya terjadi pada sendi-sendi tertentu seperti jempol kaki, lutut, pergelangan tangan, dan siku.

Kondisi ini dikenal sebagai gout atau artritis gout.

Dokter spesialis gizi klinik dr Maretha mengatakan, penderita asam urat tinggi atau gout artritis disebabkan oleh tingginya asam urat atau kadar purin di dalam darah.

“Gout artritis atau radang sendi karena asam urat disebabkan kadar purin yang tinggi di dalam darah sehingga memicu terbentuknya kristal pada persendian," kata Maretha.

Gejala umum yang dirasakan seseorang yang mengalami asam urat tinggi diantaranya nyeri, bengkak dan kemerahan di area sendi.

Umumnya seseorang yang memiliki asam urat tinggi mengalami gejala sendi terasa nyeri, bengkak dan kemerahan.

Oleh karena itu, bagi penderita asam urat, penting untuk membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg per hari.

Beberapa jenis makanan yang tinggi purin, seperti hati, babat, usus, ampela, dan sejenisnya, sebaiknya dihindari.

Maretha merekomendasikan penggunaan rempah-rempah, seperti jahe, temulawak, kelor, serai, kumis kucing, dan kulit kayu manis.

Kandungan nutrisi alami dalam rempah-rempah tersebut memiliki manfaat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi akibat asam urat.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi rempah seperti jahe dan serai secara teratur.

Baca juga: 5 Cara Sembuhkan Asam Urat Tanpa Menggunakan Obat, Cukup Konsumsi Ceri dan Lakukan Hal Ini

Selain itu, untuk memastikan asam urat tetap terkendali, dapat dipertimbangkan untuk mengonsumsi produk susu kambing herbal seperti etacefit karena bermanfaat luar biasa terutama bagi mereka yang mengidap asam urat tinggi.

"Kombinasi unik susu kambing etawa dengan ekstrak jahe, temulawak, kelor, serai, kumis kucing, dan kulit kayu manis menjadikannya pilihan yang tepat untuk meredakan masalah persendian," kata Mareta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat