androidvodic.com

Yang Harus Dilakukan Pertama Kali Jika Mengalami Gejala Parkinson - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA - Parkinson merupakan salah satu penyakit neurodegeneratif yang tidak bisa dicegah.

Populasi berusia di atas 60 tahun atau lansia rawan terkena parkinson.

Faktor lingkungan, polusi, gaya hidup juga memiliki andil seseorang terkena penyakit Parkinson. 

Dokter spesialis saraf dr. Rocksy Fransisca V. Situmeang, Sp.N mengatakan, parkinson merupakan proses penuaan pada sistem saraf di otak saat zat dopamin yang dihasilkan terus mengalami penurunan hingga 30 persen. 

”Parkinson merupakan penyakit yang tidak bisa dicegah namun kita dapat meminimalkan seseorang tersebut terkena Parkinson dengan memperbaiki pola hidup kita,” ujar dr. Rocksy dalam keterangannya, Kamis (16/5/2024).

Ia menuturkan, ketika seseorang terkena Parkinson, yang pertama dilakukan adalah pergi ke dokter spesialis saraf untuk pengecekan lebih lanjut.

Pemberian obat-obatan yang tepat dari dokter akan meningkatkan kualitas hidup seorang pasien menjadi lebih baik. 

Selain mengonsumsi obat-obatan, tentu pasien penyakit Parkinson juga membutuhkan latihan secara rutin untuk melatih gerak otot agar tidak mengalami kekakuan. 

Pada penyandang Parkinson juga perlu diimbangi dengan nutrisi yang cukup agar menjaga badan pasien Parkinson tetap fit. 

"Tidak kalah penting, tingkat stres juga dapat memengaruhi seseorang terkena Parkinson. Oleh karena itu, perlu untuk terus mengontrol emosi pada diri kita sendiri dan menghindari hal-hal yang dapat memicu stres kita naik," ungkap dokter yang berpraktik di Tangerang ini.

Ditambahkan dokter spesialis saraf RS Siloam Kebon Jeruk dr. Frandy Susatia, Sp.S, RVT ada beberapa jenis obat dan terapi Parkinson yang bisa dilakukan yakni:

1. Obat-obatan

Pemberian obat-obatan bertujuan untuk meningkatkan atau menggantikan dopamin dalam tubuh. Jenis obat-obatan yang dapat diresepkan oleh dokter antara lain: Antikolinergik, Levodopa serta Agonis Dopamin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat